Tips Menata Meja Makan Menyambut Lebaran, Peralatan Makan Bisa jadi Highlight

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Inspirasi ruang makan ala Dekoruma. Foto: Dok. Dekoruma

Inspirasi ruang makan ala Dekoruma. Foto: Dok. Dekoruma

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di momen Lebaran, meja makan salah satu titik sentral atau highlight dalam berbagi kebersamaan dengan keluarga atau tamu sambil menyantap hidangan spesial. Agar terlihat menarik, ada sejumlah tips menata meja makan yang perlu diperhatikan. Ragam hidangan Lebaran merupakan hal pertama yang menjadi pertimbangan sebelum menata meja makan.

"Kalau Lebaran itu biasanya banyak makanan, yang pasti dekorasinya supaya gak numpuk, juga jangan terlalu banyak. Penggunaan dekorasi di atas meja makan benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing keluarga," ujar Kania Bunga, Interior Communication Manager Dekoruma, di Pakubuwono, Jakarta Selatan, pada Kamis, 13 April 2023.

Jadi pertimbangkan betul, apakah Anda dan keluarga ingin makan di meja makan atau meja makan hanya dijadikan sebagai meja prasmanan dan ada area duduk tertentu untuk makan.

Setelah itu, perhatikan ukuran meja makan dalam menata atau mempercantiknya. Jika Anda memiliki meja makan berukuran kecil dan simpel, disarankan menggunakan alat saji atau peralatan bermotif yang memikat mata.

"Misalnya saat kita melihat inspirasi ada bunga-nya, tapi ternyata kurang tepat (dengan ukuran meja makan) sebenarnya kita bisa mainkan dari alat sajinya, pilih piringnya yang ada motif-motifnya. Peralatan makan bisa jadi highlight," tuturnya.

"Kalau mau ditambahkan table runner juga boleh karena tidak menganggu tatanan meja makan. Misal vas bunga itu additional (tambahan), kalau kita punya meja makan yang besar banget, memang muat, itu bisa mempercantik meja makan. Jika meja makan terbatas, dan makanan kita banyak, lebih baik dihindari," sambungnya.

Faktor selanjutnya yang diperhatikan adalah pemilihan alat saji dan peralatan makan disesuaikan dengan jumlah makanan yang dihidangkan. Pilihlah piring atau mangkuk yang bisa menampung sesuai jumlah makanan.

"Pemilihan alat makan, harus diperhatikan juga. Misal makanannya banyak, tapi kita beli atau punya alat sajinya yang balky, daya tampungnya sedikit. Kita pengen cantik, tapi nampungnya cuma sedikit, tentu perlu disesuaikan dengan makanan apa saja yang kita miliki dan jumlah tamu selain keluarga inti," tandasnya.

Semoga tips menata meja makan di atas bisa menginspirasi Sahabat Cantika menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Pilihan Editor: Sambut Idul Fitri, Ini 5 Kegiatan Seru saat Kumpul Bareng Keluarga Besar

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."