5 Tips Mencegah Cedera Olahraga

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita cedera otot. shutterstock.com

Ilustrasi wanita cedera otot. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Apakah Anda baru memulai atau sudah berolahraga lalu berhenti untuk sementara waktu, sangat penting untuk mengetahui tips mencegah cedera olahraga agar mendapatkan manfaat olahraga seoptimal mungkin. Menurut Himanshu Gupta, Spesialis dalam Penggantian Sendi, Artroskopi, dan Cedera Olahraga dari Rumah Sakit AmiCare, India, cedera berdampak buruk pada tubuh manusia dan mencegah Anda melakukan tugas sehari-hari.

"Beberapa cedera dapat menyebabkan efek jangka panjang dan membuat Anda benar-benar terbaring di tempat tidur. Sangat penting untuk tetap bebas dari cedera untuk mencapai kemajuan maksimal dan menjaga kesehatan tubuh,” ujarnya dikutip dari Times of India, Minggu, 9 April 2023.

Berikut tips mencegah cedera olahraga yang perlu kamu ketahui.

1. Lakukan Pemanasan yang Tepat

Melewatkan sesi pemanasan membahayakan tubuh manusia, karena otot kita belum siap untuk latihan intensitas tinggi yang tiba-tiba. Selain cegah cedera olahraga, pemanasan juga meningkatkan aliran darah otot dan merangsang sistem saraf.

2. Ikuti Teknik Gerakan dengan Benar

Menurut Dr. Gupta, teknik yang tepat dapat membantu Anda melatih otot sambil menghindari masalah persendian, bahu, dan punggung selama berolahraga. Postur atau bentuk yang buruk selama latihan dapat menyebabkan tekanan yang tidak merata pada otot, persendian, dan tendon Anda.

3. Jangan Terlalu Memaksakan Kapasitas Tubuh

Mendorong tubuh Anda terlalu keras dapat menyebabkan cedera tendon, peradangan, robekan otot, keseleo, dan nyeri sendi. Memahami batas tubuh Anda sangat penting.

Jika Anda merasa tidak dapat melakukan lebih banyak set, hentikan dan mulai pendinginan setelah beberapa menit.


4. Jaga Diri Anda Tetap Terhidrasi

Kekurangan cairan dalam tubuh saat berolahraga dapat menyebabkan cedera panas seperti kram panas dan kelelahan panas, diikuti dengan rasa sakit yang tak tertahankan dan tubuh kepanasan.

"Dehidrasi juga bisa menyebabkan ketidakseimbangan potasium dan sodium yang bisa menjadi penyebab kontraksi otot,” kata Dr. Gupta.


5. Jangan Melewatkan Istirahat

Istirahat adalah salah satu bagian penting dari berolahraga. Ketegangan yang disebabkan oleh tubuh manusia oleh latihan yang sangat intens perlu dipulihkan dengan istirahat yang cukup. Berolahraga tanpa henti dapat mempengaruhi tubuh manusia menuju cedera serius.

Cedera olahraga dapat berdampak buruk bagi tubuh manusia dan dapat menyebabkan masalah jangka panjang. Jika Anda mengalami cedera olahraga atau nyeri akibat olahraga berat, segera konsultasikan dengan dokter.

Pilihan Editor: Tips Kurangi Risiko Cedera Lutut Saat Olahraga

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."