3 Tanda Anak Kekurangan Vitamin D

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi anak sakit. Shutterstock

Ilustrasi anak sakit. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di ulasan kesehatan atau Health kali ini, kita membahas soal tanda anak kekurangan vitamin D. Mengapa vitamin D penting? Sebab vitamin tersebut penting untuk kesehatan tulang dan otot. Mengonsumsi vitamin tersebut membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfat dari makanan. Anak-anak yang mengalami kekurangan vitamin D akan mengalami kelemahan otot atau kram disertai nyeri tulang. Kekurangan vitamin D juga dapat menyebabkan rakhitis pada anak di mana tulang menjadi lemah. Selain itu, ada beberapa tanda anak kekurangan vitamin D yang perlu Anda tahu seperti berikut ini.

1. Kulit Pucat

Kolesterol di kulit diubah menjadi vitamin D ketika menyerap sinar matahari dan menjaga sel-sel kulit tetap sehat. Vitamin D membantu menentukan warna kulit sehingga cerah dan bercahaya bila terpapar dengan benar. Namun jika vitamin D yang dikonsumsi tubuh tidak mencukupi, maka dapat mengakibatkan kulit menjadi pucat. Hal ini juga terjadi karena kurangnya sel darah merah dalam tubuh yang disebabkan oleh kekurangan vitamin D.

2. Kurang Tidur

Kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko gangguan tidur. Hal ini kemudian dapat menyebabkan kelelahan setiap saat, tidur pada jam-jam yang tidak wajar, dan masalah rewel pada anak setiap saat. Jika anak tidak ingin berada di bawah sinar matahari, maka dapat diobati dengan konsumsi ikan berlemak dan kuning telur yang cukup mengandung vitamin D.

3. Keluhan Nyeri Tulang dan Otot

Sering mengeluh nyeri tulang dan otot termasuk tanda anak kekurangan vitamin D. Sebab rendahnya vitamin D dalam tubuh seringkali dapat menyebabkan masalah tulang lunak, sehingga menyebabkan rakhitis pada anak. Selain itu, anak yang sering merasa mual dan lelah sepanjang waktu juga menandakan rendahnya vitamin D dalam tubuh.

Oleh karena itu, jika Anda sering mengamati gejala-gejala di atas pada anak Anda, Anda harus mencari nasihat medis karena mereka mungkin akan melakukan tes darah untuk memeriksa kadar vitamin D untuk mengetahui apakah kadarnya berada dalam kisaran normal atau tidak.

Pilihan Editor: Tanda-tanda Kekurangan Vitamin D, Mudah Lelah dan Rentan Sakit

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."