5 Tanda Orang Kekurangan Vitamin D, Sering Sakit dan Merasa Lelah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi vitamin D. Foto : Shutterstock

Ilustrasi vitamin D. Foto : Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Vitamin D kerap dihubungkan hanya dengan sinar matahari. Padahal sinar matahari hanyalah satu dari berbagai sumber vitamin D yang memiliki berbagai manfaat untuk tubuh. Vitamin D sendiri dikaitkan dengan sistem kekebalan tubuh yang sehat, energi yang seimbang, dan kesehatan kognitif, di antara banyak manfaat kesehatan positif lainnya. Semua manfaat itu akan dialami masyarakat bila asupan vitamin D tercukupi.

Masih banyak orang yang mengalami kekurangan vitamin D. Padahal selain matahari yang bisa didapatkan secara gratis, masih ada beberapa asupan yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kecukupan vitamin D seseorang.

Meski perlu memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter, setidaknya ada lima tanda yang dapat dicirikan sebagai orang yang kekurangan vitamin D, seperti yang diungkap Ahli Diet asal Amerika Serikat, Amy Goodson dan Lauren Manaker, sebagaimana disiarkan laman Eatthisnotthat baru-baru ini.

1. Sering sakit

Kedua ahli diet tersebut mengatakan bahwa Vitamin D sangat penting dalam membantu sistem kekebalan tubuh, dan Vitamin D membekali tubuh untuk melawan virus dan bakteri secara efektif. Namun karena dukungan vitamin D dalam kesehatan sistem kekebalan tubuh tidak cukup, maka seseorang akan lebih sering jatuh sakit.

2. Sering merasa lelah

Tanda lain bahwa seseorang tidak mendapatkan cukup vitamin D yakni mengalami kelelahan dan keletihan yang konsisten. Ini karena vitamin D terlibat dalam produksi energi dalam tubuh, kata Goodson.

Hal ini berbeda dengan kelelahan akibat jadwal yang padat atau tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik. Manaker mengatakan bahwa jika kekurangan vitamin D, ia mungkin akan merasa lelah secara konsisten atau kesulitan menjalani hari karena kekurangan energi meskipun sudah beristirahat dengan cukup.

3. Nyeri otot

Jika mengalami nyeri otot yang tidak terkait dengan rutinitas olahraga, atau perasaan lemas yang konsisten, hal ini mungkin terkait dengan kekurangan vitamin D. "Vitamin D penting untuk fungsi otot, dan tingkat yang tidak memadai dapat menyebabkan nyeri otot dan kelemahan," kata Goodson.

4. Kesehatan tulang terpengaruh

"Vitamin D memainkan peran penting dalam penyerapan kalsium, yang sangat penting untuk menjaga tulang yang kuat dan sehat," kata Goodson. Karena peran ini, kekurangan vitamin D dapat berdampak negatif pada kesehatan tulang. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan penurunan kepadatan tulang, yang dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap patah tulang dan cedera.

“Seiring dengan potensi cedera yang lebih besar, Anda mungkin juga mengalami rasa sakit yang lebih konsisten. Kekurangan vitamin D juga dapat menyebabkan nyeri tulang dan punggung, dan pada kasus yang parah, bahkan dapat menyebabkan kondisi seperti osteoporosis," Goodson menambahkan.

Pilihan Editor: 4 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D Dilihat dari Kulit

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."