Cerita Zivanna Letisha Jalani Persalinan Caesar dan Normal, Apa yang Bikin Sama?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Zivanna Letisha Siregar/Danone

Zivanna Letisha Siregar/Danone

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selebritas yang juga Putri Indonesia 2008 Zivanna Letisha Siregar menceritakan pengalamannya melahirkan dengan cara normal maupun caesar. Ia mengatakan ada kesamaan dalam menjalan dua metode melahirkan yang berbeda itu. Keduanya, kata Zivanna, sama-sama membutuhkan perjuangan yang sama.

"Mau lahiran metode apapun perjuangan tetap sama, sama-sama bergadang. Caesar kata siapa enggak sakit. Banyak banget stigma di masyarakat jangan didengarkan dan fokus pada tumbuh kembang anak sendiri saja," kata dia dalam webinar Bicara Gizi, Rabu 5 April 2023.

Ibu tiga anak ini melahirkan anak pertamanya secara normal atau melalui pervaginam sementara persalinan anak kedua dan ketiga yang kembar dilakukan secara caesar karena posisi keduanya menyilang di dalam rahim.

Berbicara soal persiapan, antara kedua jenis persalinan ini, menurut dia tidak berbeda jauh. Baik menjelang persalinan pertama maupun kedua, dia sama-sama menjaga pola makan sejak hamil termasuk asupan asam folat dan vitamin. Dia juga rutin berolahraga karena baginya kegiatan fisik ini sangat penting apapun metode persalinannya.

"Bahkan aku sampai ikut yoga untuk melahirkan karena buat badan lebih enak. Saat hamil, sakit sendi-sendi, serba enggak enak. Saat hamil anak kembar berat badan baik cukup banyak, sampai 23 kg," kata Zivanna.

Kepada ibu-ibu yang melahirkan secara caesar, bertepatan dengan momen C-section Awareness Month, Zivanna berpesan agar mereka harus tetap percaya diri. "Bahwa kita adalah ibu yang baik yang selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk anak-anak. Meskipun banyak stigma tentang metode persalinan caesar, sebaiknya kita fokus saja untuk menyiapkan dan melakukan yang terbaik untuk ibu dan anak agar dapat mengoptimalkan kesehatan pada jangka pendek dan jangka panjang," kata dia.

Zivanna pun menyarankan agar para ibu perlu selalu belajar dari para tenaga kesehatan dan mencari informasi dari sumber terpercaya. Selain itu, bergabung dengan komunitas dapat membantu berbagi pengalaman dan mendapatkan sistem dukungan yang baik.

Pilihan Editor: Unggah Baju Mirip, Zivanna Letisha Anggap Song Jong Ki Mantan yang Susah Move On

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."