Gairah Seksual Meningkat Jelang Menstruasi, Simak Efeknya saat Bercinta

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi sakit perut. Shutterstock

Ilustrasi sakit perut. Shutterstock

IKLAN

Apakah ada kemungkinan hamil saat berhubungangan seksual sebelum menstruasi?

Seks pra-menstruasi mungkin terasa luar biasa, tetapi tidak sepenuhnya bebas dari risiko. "Itu bukan waktu yang paling mungkin bagi seseorang untuk hamil, tetapi dalam hal menghindari penggunaan kontrasepsi, tidak ada waktu yang 'aman'," kata Streicher.

Begini cara siklus menstruasi memengaruhi peluang Anda untuk hamil: Saat siklus dimulai, tubuh Anda memasuki fase folikuler, saat bersiap melepaskan sel telur untuk pembuahan.

Anda kemungkinan besar akan hamil pada hari-hari sebelum dan sesudah ovulasi, tepat di tengah siklus Anda. Dalam beberapa hari menjelang menstruasi, tubuh Anda melepaskan lapisan rahim berlebih yang dihasilkannya. Karena telur tidak lagi tersedia untuk dibuahi, Anda tidak mungkin hamil setelah ovulasi selesai.

Tapi inilah intinya: Siklus setiap orang sedikit berbeda. Jika Anda biasanya mengalami pendarahan setiap 21 hari, Anda memiliki rentang waktu yang lebih pendek antara ovulasi dan menstruasi, yang berarti Anda lebih mungkin untuk hamil pada minggu menjelang menstruasi dimulai.

Dan pendarahan tidak selalu menunjukkan menstruasi. Streicher mengatakan perdarahan di tengah siklus kadang-kadang bisa disalahartikan sebagai darah menstruasi (dan Anda kemungkinan besar akan hamil jika berhubungan seks di tengah siklus). Anda bisa menggunakan kontrasepsi agar lebih nyaman. 

Melakukan seks pra-menstruasi yang nyaman

Bergantung pada apakah Anda mengalami kram atau gejala PMS lainnya, Anda mungkin ingin mengubah rutinitas seks agar lebih nyaman. Pada akhirnya tergantung pada apa pun yang terasa terbaik untuk Anda, tetapi berikut adalah beberapa ide:

Jika Anda khawatir akan pendarahan, letakkan handuk untuk melindungi seprai Anda dari kotoran. Siapkan tisu dengan pH seimbang untuk dibersihkan sesudahnya. Kembung sebelum haid tidak menyenangkan, dan mungkin membuat posisi tertentu tidak nyaman. Kendalikan saat berhubungan seks, dan lakukan perlahan jika Anda lebih sensitif dari biasanya. Jangan lupa komunikasikan dengan pasangan Anda.

Pilihan Editor: Migrain saat Menstruasi, Simak Gejala dan Cara Mengatasinya

GREATIST

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."