Mengenal Apa Itu Superwoman Syndrome, Gejala, dan Cara Mengatasinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita karir. shutterstock.com

Ilustrasi wanita karir. shutterstock.com

IKLAN

Cara Mengatasi Superwoman Syndrome

Dr Tugnait mengatakan inilah waktunya untuk pemeriksaan realitas bagi para wanita yang sangat melelahkan ini, penting untuk memprioritaskan dan tidak berusaha untuk kesempurnaan di setiap bidang kehidupan.

1. Atur Prioritas

Kenali area kehidupan Anda yang paling penting bagi Anda dan fokuslah pada area tersebut. Sangat penting untuk menyadari bahwa Anda tidak dapat mencapai kesempurnaan dalam setiap aspek kehidupan Anda, dan tidak apa-apa melepaskan beberapa tanggung jawab.

2. Tetapkan Ekspektasi yang Realistis

Pahami bahwa tidak mungkin menjadi sempurna dalam segala hal. Tetapkan harapan dan tujuan yang realistis untuk diri Anda sendiri, dan jangan mencaci diri sendiri karena tidak sempurna.

3. Belajar Berkata Tidak

Anda tidak dapat mengakomodasi keinginan atau tuntutan setiap orang. Bersikap tegas dan katakan tidak bila perlu. Ini akan membantu mengurangi beban kerja dan tingkat stres Anda.

4. Delegasikan Tugas

Anda tidak harus menanggung beban menyelesaikan semua tugas sendiri. Jangkau sistem pendukung Anda, termasuk teman, keluarga, dan kolega, dan delegasikan tugas kepada mereka.

5. Latih Welas Asih

Ingatlah, bahwa Anda hanyalah manusia biasa, dan wajar jika Anda memiliki kekurangan dan membuat kesalahan. Berbaik hatilah pada diri sendiri dan latih welas asih untuk melewati masa-masa sulit.

6. Luangkan Waktu untuk Perawatan diri

Luangkan waktu untuk merawat kesehatan fisik, mental, dan emosional Anda. Manjakan diri Anda dalam aktivitas yang memberi Anda kegembiraan dan relaksasi, seperti melakukan hobi, menghabiskan waktu bersama orang tersayang, atau berlatih mindfulness.

7. Tetapkan Batasan

Menetapkan batasan penting untuk mengelola superwoman syndrome. Ini bisa termasuk mengatakan tidak pada permintaan atau tuntutan yang tidak sejalan dengan prioritas Anda, membatasi pekerjaan atau media sosial, dan melindungi waktu dan energi Anda.

8. Mencari Bantuan Profesional

Jika Anda merasa kesulitan untuk melepaskan diri dari superwoman syndrome dan efek negatifnya pada kesehatan Anda, jangan ragu untuk mencari bimbingan dari ahli kesehatan mental.

Sangat penting bagi wanita untuk mengenali harapan yang dipaksakan sendiri ini dan efek buruk yang mereka miliki terhadap kesejahteraan mereka. Dengan mengambil langkah-langkah untuk mengelola superwoman syndrome, wanita dapat memprioritaskan kesehatan dan kesejahteraan mereka sendiri dan menjalani kehidupan yang lebih memuaskan.

Pilihan Editor: Dua Pilihan Ini yang Bikin Wanita Sulit Kembangkan Karier Mereka

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."