Waktu Terbaik Minum Kopi Hitam serta Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kopi hitam tanpa gula. Foto: Freepik/8photo

Ilustrasi kopi hitam tanpa gula. Foto: Freepik/8photo

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kopi hitam tanpa gula bisa menjadi alternatif sehat yang sempurna untuk minuman pagi. Ada beberapa penelitian ilmiah yang memverifikasi manfaat tak terhitung dari minum kopi hitam yang rendah kalori dan tinggi antioksidan ini. Minum kopi hitam secukupnya juga dapat mengurangi kemungkinan terkena diabetes tipe 2 dan dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Studi juga menemukan bahwa orang yang minum kopi hitam secara teratur dapat menurunkan risiko asam urat sebesar 57 persen. Selain itu, memasukkan minuman sehat ini ke dalam rutinitas Anda juga dapat mengurangi risiko penyakit parkinson dan kanker hati. Namun, konsumsi berlebih juga terkait dengan mulas, gugup, atau sulit tidur, jadi tahan godaan untuk berlebihan.

“Minum kopi hitam panas adalah cara yang bagus untuk memulai hari. Tidak hanya memberikan dorongan energi dan kewaspadaan, tetapi juga dapat membantu menangkal kelelahan di pagi hari," kata Pooja Shelat, Kepala Ahli gizi, Rumah Sakit Sterling, India, seperti dikutip dari Hindustan Times, Sabtu, 1 April 2023.

"Ini bukan hanya sumber kafein, tetapi juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Selain itu, kandungan kalorinya yang rendah menjadikannya alternatif yang bagus untuk minuman manis," tambah Shelat.

Waktu Terbaik Minum Kopi Hitam

Waktu terbaik untuk minum kopi hitam, menurut para ahli, adalah antara pertengahan dan akhir pagi, ketika tingkat kortisol Anda berada pada titik terendah. Jika seseorang biasanya bangun pukul 6 pagi, maka waktu terbaik untuk minum kopi antara pukul 9:00 dan 11:00, jelas Shelat

Manfaat Minum Kopi Hitam

Kopi hitam berdampak baik pada kesehatan Anda jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Tidak hanya meningkatkan tingkat energi, tetapi juga menjauhkan Anda dari penyakit kronis.

“Kopi hitam telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan yang positif, mulai dari meningkatkan konsentrasi hingga mengurangi risiko penyakit tertentu. Di antara kelebihannya yang melimpah, kopi hitam memiliki kekuatan untuk meningkatkan tingkat energi dan mengurangi stres, karena mengandung kafein," tuturnya.

Kafein, stimulan, berfungsi untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi kelelahan. Selain itu, kopi juga mengandung antioksidan, senyawa untuk membantu melawan radikal bebas yang merusak sel. Tidak hanya itu, kopi juga diketahui dapat menurunkan tekanan darah, yang bermanfaat bagi penderita hipertensi

Selain itu, kopi dapat membantu meningkatkan daya ingat dari waktu ke waktu, memberi otak Anda dorongan yang sangat dibutuhkan. Terakhir, minum kopi hitam dapat bermanfaat bagi hati karena membantu mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh racun.

Pilihan Editor: Dea Panendra Suka Kopi tanpa Gula, Cek 12 Manfaatnya bagi Tubuh

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."