Kisah di Balik Pembuatan Set Surau dan Kincir Angin di Film Buya Hamka, Butuh Waktu Sebulan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Set surau dan kincir angin Film Buya Hamka di Payakumbuh, Sumatera Barat. Foto: Falcon Pictures

Set surau dan kincir angin Film Buya Hamka di Payakumbuh, Sumatera Barat. Foto: Falcon Pictures

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selalu ada kisah-kisah menarik di balik pembuatan film termasuk set lokasi syuting, begitu pula di film Buya Hamka. Tim produksi membutuhkan waktu selama 30 hari alias sebulan untuk membangun dan mempersiapkan set surau dan kincir angin. Hal itu diutarakan oleh sang sutradara Fajar Bustomi.

"Lokasi ini dipersiapkan selama 30 hari, yang digunakan untuk masa syuting selama sekitar 7 hari," kata Fajar melalui keterangan pers di Jakarta, Rabu, 29 Maret 2023.

Set tersebut dibangun untuk mendukung kebutuhan adegan (scene) ketika karakter Buya Hamka diceritakan masih belia.

"Pada masa inilah, Hamka, belajar mengaji, belajar pencak silat, saat itu Hamka berusia belasan tahun," ujar Fajar.

Proses pembuatan surau dan kincir angin di Film Buya Hamka. Foto: Falcon Pictures

Lokasi tersebut berada di salah satu daerah di Payakumbuh, Sumatera Barat. "Dengan background perbukitan yang indah, mendukung sudut pengambilan gambar yang akan memanjakan mata," tutur Fajar

Menurut tim produksi, kendala yang dialami saat membangun set surau dan kincir angin tidaklah mudah. Salah satunya seperti kondisi derasnya air sungai yang membuat poros kincir bergeser, sehingga kru harus menyelam dan memutar kincirnya secara manual pada saat syuting.

Film yang diproduksi oleh Falcon Pictures dan Starvision ini mengikuti cuplikan kisah hidup Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau lebih dikenal dengan Buya Hamka yang merupakan pahlawan nasional, ulama, sastrawan, sekaligus politikus Tanah Air.

Buya Hamka dijadwalkan tayang di seluruh bioskop Indonesia pada 20 April 2023, menampilkan aktor-aktor kenamaan seperti Vino G Bastian, Laudya Chintya Bella, Dessy Ratnasari, Donny Damara, Reza Rahadian, Ayu Laksmi, Anjasmara, Marthino Lio, Reybong, Mawar De Jongh, Mathias Muchus, dan lainnya.

Pilihan Editor: Gaya Hijab Klasik Laudya Cynthia Bella Perankan Siti Raham, Istri Buya Hamka

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."