Mengulik Kandungan Gizi dan Manfaat Kaldu Tulang

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Kaldu tulang. Freepik.com/Azerbaijan Stockers

Kaldu tulang. Freepik.com/Azerbaijan Stockers

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Apakah kaldu tulang baik untuk kesehatan tubuh? Jawaban singkatnya adalah ya, menurut Jill Sheppard Davenport, ahli kedokteran fungsional, ahli gizi, dan rekan penulis Better Broths & Healing Tonics. Sebagian besar karena berbagai gizi penting dan sifat pendukung kekebalannya.

“Kaldu tulang sangat bagus untuk mendukung berbagai kondisi, mulai dari kesehatan usus hingga nyeri dan pembengkakan, tidur, dan suasana hati, berkat profil nutrisinya yang luas dan kombinasi asam aminonya,” kata Sheppard Davenport dikutip dari laman Well+Good, 24 Maret 2023. Ahli gizi suka menyebut kaldu tulang sebagai "multimineral alami" karena mengandung banyak nutrisi penambah kekebalan tubuh.

Kaldu pun mengandung potasium, kromium, molibdenum, magnesium, dan selenium dalam jumlah yang baik untuk kebutuhan kita sehari-hari. Selain itu, kaldu tulang mengandung arginin, asam amino yang mendukung sistem kekebalan tubuh dan membantu melindungi dari infeksi.

Kaldu — dibuat dari merebus jaringan ikat pada tulang hewan — juga mungkin mengandung kolagen dan nutrisi pembentuk tulang, termasuk mineral, asam amino, glukosamin, dan kondroitin yang dapat membantu mengurangi peradangan, menurut beberapa penelitian.

Sementara itu, Lauren Manaker, ahli diet terdaftar yang tinggal di Charleston, Amerika Serikat, menambahkan bahwa kaldu tulang bisa sangat menghidrasi dan menyediakan cairan dan elektrolit — yang penting mengingat hampir 75 persen orang Amerika mengalami dehidrasi kronis.

Manaker juga menyebutkan bahwa kaldu tulang dapat menyediakan beberapa protein, dan, seperti yang disebutkan Sheppard Davenport, itu adalah sumber asam amino tertentu yang sangat baik. Nutrisi ini dapat diterjemahkan untuk mendukung kesehatan kulit, kualitas tidur, dan kesehatan sendi.

Meskipun demikian, ahli diet memperingatkan agar tidak mempercayai gagasan bahwa menyeruput kaldu tulang memiliki manfaat kesehatan yang mencakup segalanya. “Sementara banyak yang mungkin percaya bahwa menyesap kaldu tulang terkait dengan banyak manfaat kesehatan, datanya sebenarnya sangat terbatas,” kata Manaker.

Seberapa Baik Minum Kaldu Tulang Setiap Hari?

Menurut Sheppard Davenport, mengonsumsi kaldu tulang (yang jangan disamakan dengan kaldu, meski serupa) sebagai bagian dari ritual pagi Anda adalah cara yang bagus untuk sistem pencernaan Anda dan membuat cairan pencernaan Anda mengalir. Di sisi lain, dia juga merekomendasikan untuk meminumnya setelah makan besar untuk membantu melancarkan pencernaan

“Kaldu dapat membantu mendukung pencernaan, terutama diresapi dengan bahan tambahan yang ramah usus, tambahkan jahe, cengkeh, dan timi — ini sangat cocok setelah makan berat di usus Anda, menyebabkan gas atau gangguan pencernaan,” kata Sheppard Davenport.

Untuk menyediakan beragam nutrisi, Sheppard Davenport membuat infus kaldu tulang yang berbeda hampir setiap hari.

“Saya menyarankan untuk mencampurnya dengan meminum kaldu tulang pada beberapa hari dan kaldu nabati, seperti jamur atau sayuran, pada hari lainnya. Dengan begitu, Anda mendapatkan berbagai macam vitamin, mineral, dan nutrisi anti-inflamasi, dari yang terbaik dari keduanya,” katanya.

Kaldu Tulang Tak Bisa Dijadikan Pengganti Makanan

Manaker menekankan bahwa minum kaldu tulang adalah tambahan yang baik untuk diet sehat secara keseluruhan, tetapi tidak boleh dianggap sebagai pengganti makanan.

“Walaupun kaldu tulang dapat memberikan nutrisi penting, kalorinya tidak cukup untuk dianggap sebagai makanan. Satu porsi biasanya mengandung kurang dari 100 kalori, yang tidak mungkin cukup untuk menopang seseorang dan membuat mereka kenyang dan puas sampai waktu makan berikutnya, ”kata Manaker.

Meskipun kaldu tulang menyediakan mikronutrien, itu tidak menyediakan banyak nutrisi dalam jumlah besar.

Dia juga mencatat bahwa itu juga bukan ramuan ajaib. “Minum kaldu tulang bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet sehat secara keseluruhan. Tapi, tentu saja, jika seseorang menyeruput kaldu tulang dan menghabiskan sisa harinya dengan mengonsumsi makanan yang rendah serat dan nutrisi, kecil kemungkinan mereka akan merasakan banyak manfaat dari mengonsumsinya,” ujar Manaker.

“Jadi, meski meminumnya sesekali mungkin aman, mengonsumsi beberapa porsi setiap hari mungkin bukan pilihan yang paling aman.”

Yang Tidak Boleh Minum Kaldu Tulang

Tentu saja, mereka yang memiliki alergi makanan terhadap bahan apa pun yang terdapat dalam kaldu tulang harus menghindarinya. Namun, perlu dicatat bahwa kebanyakan orang tidak akan mengalami gejala ini.

Selain itu, Sheppard Davenport mengatakan mereka yang diresepkan diet rendah histamin juga harus berhati-hati dengan konsumsi kaldu tulang mereka.

“Mereka yang memiliki kadar histamin tinggi dalam tubuh — seperti saat musim alergi, mengalami alergi makanan, atau dengan ketidakseimbangan sistem kekebalan — harus memperhatikan asupan kaldu tulang mereka,” katanya.

Saat kaldu tulang dimasak untuk jangka waktu yang lebih lama, mulai melepaskan histamin. Untuk mengatasi hal ini, Sheppard Davenport merekomendasikan untuk memasaknya dengan tekanan—bukan memasak dengan lambat—untuk mempersingkat waktu memasak. Selain itu, dia menyarankan untuk segera membekukan apa yang tidak ingin Anda minum, yang juga membantu mengurangi penumpukan histamin di kaldu Anda.

Sedangkan Manaker merekomendasikan untuk melengkapi kaldu tulang dengan bahan tambahan untuk meningkatkan nilai gizinya.

“Jika seseorang menyukai ide kaldu tulang, Anda dapat dengan mudah mengubahnya menjadi makanan dengan menikmatinya dengan sumber lemak sehat — seperti alpukat — dan beberapa biji-bijian — seperti quinoa atau sorgum — untuk membuatnya lebih bergizi secara keseluruhan,” kata Manaker.

Dia juga menyarankan untuk menambahkan sayuran dan protein tambahan (seperti kubus tahu organik) atau menikmatinya bersama buah segar untuk menghindari potensi celah nutrisi.

Pilihan Editor: Mengulik Kandungan Gizi Kaldu Ayam dan Cara Benar Membuatnya

WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."