4 Manfaat Arugula untuk Kesehatan Tubuh

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi Arugula menjadi salah satu komponen salad sayur. Foto: Pixabay.com/Skica911

Ilustrasi Arugula menjadi salah satu komponen salad sayur. Foto: Pixabay.com/Skica911

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sudah tahu apa saja manfaat arugula? Sayuran berdaun hijau gelap dan menawarkan sensasi rasa pedas itu mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Daun roket atau arugula kaya serat, fitokimia, kalsium, kalium, Vitamin C, K, A dan folat.

Sederet kandungan nutrisi tersebut berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata dan jantung. Tak hanya itu, arugula juga bisa bantu menurunkan berat badan berlebih serta menguatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk lebih lengkapnya, berikut empat manfaat arugula untuk kesehatan:

1. Bantu Mengelola Berat Badan

Arugula mengandung hampir nol kalori. Jika Anda mengonsumsinya secara teratur dapat membantu menurunkan berat badan ekstra dari tubuh Anda. Sebanyak 100 gram arugula menawarkan perkiraan 25 kalori yang cukup bagus untuk menurunkan berat badan.

Selain itu, arugula juga kaya serat dan sangat sedikit karbohidrat, sehingga membuat Anda kenyang lebih lama.

2. Menyehatkan Jantung

Manfaat arugula selanjutnya adalah menjaga kesehatan jantung. Kandungan vitamin C, vitamin K, dan folat di dalamnya dapat memperkuat jantung sekaligus meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Selain itu, kapasitas vitamin K yang melimpah juga meningkatkan kesejahteraan tubuh secara keseluruhan.

3. Baik untuk Kesehatan Mata

Arugula mengandung beta-karoten dan Vitamin A yang mendukung kesehatan mata dan melindungi retina. Daun hijau ini juga mengandung Lutein dan zeaxanthin yang menghalau gangguan penglihatan.

Selain itu, kedua nutrisi tersebut penting untuk meningkatkan penglihatan dan memberikan perlindungan terhadap degenerasi makula. Jumlah asam lemak omega-3 di dalam arugula bisa menurunkan risiko terkena katarak.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi di arugula bermanfaat menjaga tubuh Anda dari radikal bebas berbahaya dan mengatasi kerusakan. Selain memperkuat sistem kekebalan tubuh atau imunitas, vitamin C menjadi perisai dari berbagai virus, pilek, dan flu.

Jangan lupa, untuk menuai manfaat arugula di atas, tambahkan ke variasi menu harian, Sahabat Cantika. 

PINK VILLA

Baca juga: Menilik Kandungan Artichoke, Cara Menyimpan, dan Memasaknya

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."