5 Tanda Miss V Tidak Sehat, Bau Amis hingga Sensasi Terbakar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bau tak sedap di area miss v. tabloidbintang.com

Ilustrasi bau tak sedap di area miss v. tabloidbintang.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Untuk menjaga kesehatan vagina atau miss V, Anda perlu rutin membesihkan bagian luar miss V dengan sabun yang tidak harum dan air. Tujuannya miss V bebas dari kotoran, kuman, dan bau tak sedap. Akan tetapi, jika miss V berbau amis,  gatal dan kemerahan hingga sensasi terbakar, itu termasuk tanda miss V tidak sehat yang perlu diwaspadai. 

Berikut tanda miss V tidak sehat beserta penyebab dan cara mengatasinya

1. Bau Amis

Jika miss V berbau amis, itu bisa menjadi tanda bakterial vaginosis (BV), yang disebabkan oleh pertumbuhan bakteri yang berlebihan dan ketidakseimbangan keseimbangan pH vagina. Bau amis ini bisa disertai dengan keluarnya cairan ekstra bening.

Bakterial vaginosis bisa diobati dengan antibiotik yang diresepkan dari dokter kandungan Anda. Mengubah pola makan dan memilih makanan yang lebih sehat dapat membantu. Bau yang menyengat dengan keluarnya cairan hijau bisa menjadi tanda infeksi menular seksual, namun jangan mendiagnosis diri sendiri dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Baca juga: Penyebab Miss V Bau Amis yang Perlu Kamu Ketahui

2. Keputihan Tidak Teratur

Keputihan yang terlihat seperti keju cottage atau berwarna kekuningan termasuk tanda miss V tidak sehat. Umumnya disebabkan infeksi jamur. Hal ini dapat disebabkan oleh penggunaan pakaian dalam ketat yang tidak dapat bernapas, douching, atau pola makan tidak sehat yang tinggi gula.

Yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat. Minum air putih dan membuat perubahan sehat dalam diet Anda seperti mengurangi makanan tinggi gula dan alkohol juga dapat membantu mengatasi keputihan tidak teratur.

3. Pendarahan Tidak Teratur

Pendarahan atau flek yang terjadi saat Anda tidak sedang menstruasi bisa menjadi tanda ketidakseimbangan hormon. Pendarahan setelah berhubungan intim mungkin merupakan tanda kanker serviks. Namun, itu belum tentu merupakan tanda kanker. Konsultasikan dengan dokter kandungan Anda untuk diagnosis yang tepat.

4. Gatal dan Kemerahan

Jika vulva atau miss V Anda terasa gatal, bisa jadi itu tanda miss V tidak sehat. Ini bisa disebabkan oleh kekeringan vagina yang disebabkan oleh perubahan hormonal atau reaksi alergi terhadap barang-barang kebersihan pribadi apa pun. Gatal atau kemerahan juga bisa menjadi tanda infeksi jamur, infeksi menular seksual (IMS), atau vaginosis bakteri.

5. Sensasi Miss V Terbakar

Mengalami sensasi terbakar di vagina atau saat buang air kecil bisa termasuk tanda miss V tidak sehat atau kemungkinan infeksi saluran kemih (ISK). Alasan lain yang mungkin adalah infeksi jamur, bakteri atau penyakit menular seksual. Periksa dengan dokter Anda untuk menemukan penyebab yang tepat dari gejala tersebut, terutama jika gejala tersebut terus-menerus dan tidak terjadi sekali saja.

Pilihan Editor: 6 Penyebab Miss V Terasa Terbakar dan Cara Mengatasinya

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."