Penyebab Miss V Bau Amis yang Perlu Kamu Ketahui

Ilustrasi vagina. Shutterstock

kesehatan

Penyebab Miss V Bau Amis yang Perlu Kamu Ketahui

Rabu, 25 Januari 2023 17:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Bau vagina atau miss V yang ringan adalah normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Namun, miss V berbau amis bisa sangat mematikan dan bisa berarti lebih dari sekadar peringatan kebersihan. Beberapa masalah kesehatan dapat menyebabkan perubahan bau pada organ seksual dan reproduksi Anda, oleh karena itu setiap gejala yang terlihat harus dipertimbangkan termasuk miss V bau amis.

Umumnya, penyebab miss V bau amis adalah vaginitis, yaitu peradangan pada miss V yang dapat menyebabkan gejala seperti keputihan, gatal, dan nyeri. Ini terjadi karena perubahan keseimbangan bakteri vagina atau infeksi. Selain itu, menopause dapat menyebabkan penurunan kadar estrogen, yang dapat menyebabkan vaginitis.

Ada beberapa jenis vaginitis paling umum yang dapat menyebabkan bau amis pada vagina.

Yang pertama, vaginosis bakteri. Apa itu? Vaginosis bakteri adalah infeksi yang terjadi karena pertumbuhan berlebih dari bakteri yang secara alami ditemukan di miss V. Ketegangan dalam keseimbangan alami miss V ini menyebabkan peradangan, yang menyebabkan gejala seperti nyeri vagina, gatal, atau terbakar disertai keluarnya cairan putih atau abu-abu tipis dan bau seperti ikan yang kuat, terutama setelah berhubungan intim.

Selanjutnya, trikomoniasis. Menurut Mayo Clinic, trikomoniasis adalah infeksi menular seksual (IMS) umum yang disebabkan oleh parasit. Wanita yang tertular infeksi ini mengalami berbagai gejala termasuk keputihan yang berbau busuk, gatal pada alat kelamin dan buang air kecil yang menyakitkan, sesuai dengan kesehatan tubuh.

Untuk memastikan diagnosis, Anda harus melihat semua gejala infeksi vagina umum lainnya yang mungkin menyertai bau amis. Ini termasuk keputihan putih keabu-abuan, kuning kehijauan, atau putih, yang menyebabkan gatal dan iritasi.

Anda juga mungkin mengalami bau amis setelah berhubungan intim atau sensasi terbakar saat buang air kecil. Jika Anda mengalami salah satu atau semua gejala ini, pastikan untuk segera mengunjungi dokter.

Baca juga: 10 Penyebab Miss V Gatal, dari Terlalu Banyak Berkeringat hingga Infeksi Jamur

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika