Akses Pendidikan untuk Perempuan Masih Tertinggal, Bintang Beasiswa jadi Alternatif

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi pendidikan.

Ilustrasi pendidikan.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pembangunan Manusia (IPM) 2021 perempuan (69,59 poin) yang masih tertinggal dari laki-laki (76,25). Perbedaan rata-rata lama sekolah menjadi salah satu penyebab ketertinggalan perempuan dalam aspek pendidikan. Laki-laki memiliki rata-rata lama sekolah 9 tahun, sedangkan perempuan hanya 8 tahun. Para perempuan masih terhalang berbagai rintangan untuk bisa lebih berkontribusi dan menunjukkan kemampuannya. Hal ini terlihat dari nilai Indeks 1 kecuali di area Jabodetabek

Sebagai praktisi di bidang pendidikan, Radinka Qiera, COO Sekolah.mu, Co-founder Sekolah Murid Merdeka memberi tanggapan jika perempuan membutuhkan landasan yang kuat dalam menjalankan multiperannya sebagai anak, ibu, istri, pekerja dan pemimpin. Pendidikan menjadi salah satu landasan utama, dan sekaligus jalan keluar dari kemiskinan. 

Namun sangat disayangkan, hanya 10 persen dari perempuan Indonesia yang berhasil mengenyam pendidikan dan lulus dari jenjang S1. Pendidikan tinggi itu modal dasar dan awal mula mereka menjemput peluang untuk berkontribusi dalam dunia industri dan profesional. 

Selain itu, keterbatasan perempuan dan multiperannya tersebut juga membuat kesenjangan yang cukup tinggi terhadap kontribusi mereka dalam angkatan kerja, yaitu 29 persen di bawah partisipasi laki-laki . Sebagai generasi muda berprestasi yang menginspirasi dan gak kaleng-kaleng.

Memiliki aspirasi untuk terus mendukung generasi muda, khususnya para perempuan, agar memiliki glowing face dan meraih glowing future, Glow & Lovely (dulu dikenal sebagai Fair & Lovely) kembali menghadirkan “Glow & Lovely Bintang Beasiswa 2023”. Program ini merupakan inisiatif yang memberi dukungan akses pendidikan tinggi kepada para perempuan Indonesia yang memiliki kendala finansial. 

Memasuki tahun ke-7, Glow & Lovely memperbesar kuota penerimaan program hingga 75 penerima manfaat dari seluruh daerah di Indonesia dan pendaftar pun tidak terbatas hanya untuk siswi yang lulus pada tahun ini saja.

Reinata Sidik, Senior Brand Manager Glow Lovely menyampaikan, pihaknya percaya perempuan memiliki potensi besar untuk membawa perubahan bagi dirinya, keluarga, maupun lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, Glow & Lovely senantiasa mendukung perempuan tetap tampil cantik, cerah dan bercahaya (outer glow) serta mampu meningkatkan kemampuan diri (inner glow) sehingga bisa mewujudkan cita-cita mereka (glowing future). 

“Dari tahun pertama, program Glow & Lovely Bintang Beasiswa telah menerima lebih dari 27.000 pendaftar dari berbagai wilayah Indonesia, dan telah mendampingi 330 perempuan untuk makin mendekat dengan cita-cita mereka. Guna memperluas manfaat positifnya, Glow & Lovely Bintang Beasiswa kini memberi kesempatan bagi 75 perempuan untuk bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi impian mereka. Jumlah penerima program ini meningkat 25 persen dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, yaitu 60 perempuan,” lanjut Reinata.

Pilihan Editor: Alasan Cinta Laura Tertarik Memajukan Pendidikan, Belajar Adalah Proses Seumur Hidup

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."