Gejala Menopause yang Perlu Diperhatikan, Perubahan Kulit dan Disfungsi Seksual

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi menopause. shutterstock.com

Ilustrasi menopause. shutterstock.com

IKLAN

5. Perubahan kulit

Penurunan kadar estrogen selama menopause dapat menyebabkan kerusakan pada kulit kita. "Estrogen berperan dalam produksi kolagen, elastisitas, ketebalan, dan tingkat kelembapan kulit, serta pembentukan pembuluh darah yang sehat," kata Sarvenaz Zand, MD, dokter kulit bersertifikat di San Francisco dan pendiri Zand Dermatology. "Ketika kita memproduksi lebih sedikit estrogen, kita mulai melihat hal yang sebaliknya: garis-garis halus dan kerutan, kekeringan, sensitivitas, kusam, kendur, dan kulit yang tidak lagi bercahaya." 

Menopause juga dapat memicu timbulnya rosacea. "Kita juga kehilangan volume lemak dan tulang di pipi kita, sehingga rahang menjadi lebih menonjol," kata Dr. Zand.

6. Perubahan payudara

Menopause juga dapat disertai dengan nyeri payudara dan kehilangan volume. Saat estrogen menurun, kelenjar susu menyusut dan payudara cenderung kehilangan kekencangannya, menurut Penn Medicine. 

7. Perubahan suasana hati

Menopause juga dapat memicu banyak perubahan mental, yang disebut perubahan suasana hati. "Gangguan suasana hati dan ingatan, seperti depresi dan kecemasan, adalah hal yang umum terjadi selama masa menopause," kata Dr. Sekitar 18% hingga 40% wanita mengalami depresi selama menopause dan perimenopause, dan hingga seperempatnya mengalami kecemasan yang baru, menurut penelitian yang diterbitkan pada tahun 2021.

"Sangat penting untuk menuliskannya di jurnal dan melacak perubahan suasana hati dan lekas marah untuk melihat apakah ada polanya," kata Dr. La Folette. "Banyak masalah yang terabaikan selama bertahun-tahun di tengah-tengah upaya menyeimbangkan antara membesarkan anak, jadwal kerja yang padat, dan tekanan hidup."

8. Gangguan pada otak

"Hubungan otak-hormon merupakan bagian integral dari seberapa baik fungsi otak kita," kata Dr. La Folette. Kombinasi hormon yang berfluktuasi dan usia selama tahun-tahun menopause mengakibatkan hilangnya koneksi sinaptik di otak. "Para wanita melaporkan adanya masalah dengan masalah ingatan selama masa menopause, seperti kesulitan dalam menemukan kata, adanya kabut otak, dan mudah lupa," tambah Dr. Javaid.

9. Masalah kandung kemih

Gejala-gejala kemih, seperti ISK dan inkontinensia, juga sangat umum terjadi selama menopause, kata Dr. Minkin: "Saya mengajari orang-orang cara melakukan senam Kegel beberapa kali sehari."

Kapan saya harus memeriksakan diri ke dokter tentang gejala menopause saya?
Meskipun menopause merupakan proses yang sangat alamiah, bukan berarti kita harus hidup dengan gejalanya. Ketika mulai merasakan ketidakteraturan dalam siklus menstruasi segera bicarakan hal ini dengan dokter ahlinya. "Karena wanita dapat mengalami berbagai macam gejala selama menopause, setiap gejala baru, seperti gejala yang dianggap tidak biasa bagi tubuh, dan harus didiskusikan dengan penyedia layanan kesehatan," kata Dr. Javaid.

Ketika memasuki masa menopause, jangan panik. Ada banyak pilihan pengobatan menopause - hormonal dan nonhormonal - yang tersedia untuk memberikan kualitas hidup yang lebih baik.

Pilihan Editor: Mengalami Menopause Dini Seperti Naomi Watts, Ketahui 7 Tandanya

WIDYA FITRIANINGSIH | GLAMOUR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."