Iritasi Mata, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi mata. Pixabay.com

Ilustrasi mata. Pixabay.com

IKLAN

Cara Mengatasi Sakit Mata 

Sementara itu, Dr. Uma Malliah, Konsultan Senior, Oftalmologi di Rumah Sakit Indraprastha Apollo di New Delhi, India, merekomendasikan sejumlah cara mengatasi sakit mata.

1. Istirahatkan Mata

Salah satu penyebab utama sakit mata adalah ketegangan mata. Jika kamu menghabiskan banyak waktu untuk melihat layar komputer atau perangkat digital lainnya, beristirahatlah secara teratur untuk mengistirahatkan matamu. Hal ini dapat membantu mengurangi ketegangan mata dan mencegah rasa sakit.

2. Berikan Kompres Hangat

Menempatkan kain hangat dan lembap di atas mata yang terpejam dapat membantu meredakan nyeri dan mengurangi peradangan. Hal ini juga dapat membantu jika mata terasa kering karena dapat membantu merangsang produksi air mata.

3. Gunakan Obat Tetes Mata

Jika mata terasa kering, menggunakan obat tetes mata dapat membantu melumasinya dan mengurangi rasa sakit. Ada banyak obat tetes mata yang dijual bebas yang dapat membantu meredakan mata kering. Namun, jika mata terasa sakit karena infeksi, sebaiknya temui dokter sebelum menggunakan obat tetes mata.

4. Hindari Bahan Iritan

Jika memiliki alergi, zat-zat tertentu dapat mengiritasi mata sehingga terasa perih. Cobalah untuk menghindari alergen seperti debu, serbuk sari, dan bulu hewan peliharaan. Jika terpaksa harus bersentuhan dengan zat-zat tersebut, gunakan kacamata pelindung seperti kacamata.

5. Praktikkan Kebersihan yang Baik

Jika mengalami infeksi mata, penting untuk mempraktikkan kebersihan yang baik untuk mencegah penyebarannya. Cuci tangan secara teratur dan hindari menyentuh mata secara langsung. Selain itu, hindari berbagi handuk atau barang pribadi lainnya yang dapat menyebarkan infeksi.

6. Tidur yang Cukup

Kurang tidur dapat menyebabkan ketegangan pada mata dan membuat mata menjadi sakit. Usahakan untuk tidur selama 7-8 jam setiap malam untuk membantu mengurangi ketegangan mata dan meningkatkan kesehatan mata.

7. Kunjungi Dokter Spesialis Mata untuk Pemeriksaan

Jika mata terasa sakit dalam jangka waktu yang lama, atau jika mengalami gejala lain seperti kemerahan, keluarnya cairan, atau perubahan penglihatan, segera kunjungi dokter mata.

Pilihan Editor: 10 Cara Menjaga Kesehatan Mata secara Alami

WIDYA FITRIANINGSIH | HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."