10 Cara Menjaga Kesehatan Mata secara Alami

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi mata wanita. Unsplash.com/Alexandra Gorn

Ilustrasi mata wanita. Unsplash.com/Alexandra Gorn

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dengan mata yang sehat, kita dapat melihat dengan jelas dan melakukan aktivitas harian dengan nyaman. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan cara menjaga kesehatan mata, termasuk cara alami. Apa saja itu? Mulai dari rajin minum air hingga kompres dingin.

Yuk, simak selengkapnya cara menjaga kesehatan secara alami menurut para ahli.

1. Aturan 20-20-20

Waktu layar menjadi perhatian utama akhir-akhir ini. Di era serba digital saat ini, banyak dari kita menghabiskan banyak waktu terpaku laptop, smartphone, televisi, dan perangkat elektronik lainnya. Waktu layar yang berlebihan dapat menyebabkan kelelahan mata.

Oleh karena itu, aturan 20-20-20 sangat dianjurkan oleh dokter mata.

“Biasanya, setelah setiap 20 menit waktu layar, pastikan untuk mengalihkan pandangan selama 20 detik ke sesuatu yang berjarak 20 kaki dari kamu. Pertimbangkan untuk melihat ke luar jendela pada objek yang tampak jauh, seperti pohon, ”kata Dr. Ajay Sharma, Kepala Direktur Medis, Eye-Q.

2. Pola Makan Sehat

Saat anak-anak, kita sering mendengar orang tua kita mengatakan bahwa wortel itu sehat untuk penglihatan. Itu benar adanya. Selain wortel, sayuran berwarna hijau tua seperti bayam, kangkung, atau sawi, juga penting untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, mengonsumsi ikan air dingin yang tinggi asam lemak omega-3, seperti salmon, trout danau, mackerel, sarden, tuna, dan halibut, juga diketahui dapat meningkatkan kesehatan mata.

3. Cukup Minum Air Putih

Minum air putih yang cukup juga termasuk cara menjaga kesehatan mata. Dengan cairan tubuh yang cukup, maka tubuh mampu menghasilkan cukup air mata guna menjaga mata agar tetap lembab dan sehat.

4. Berolahraga

Selanjutnya, rutin berolahraga disarankan Dr. Sharma untuk menjaga kesehatan mata. 

“Menjadi aktif secara fisik telah dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah untuk mengembangkan degenerasi makula awal dan lanjut, serta menurunkan tekanan darah, peradangan, dan stres oksidatif, dan yang terpenting tingkat yang lebih rendah dari hampir setiap penyakit kronis," tuturnya.

Latihan aerobik memiliki pengaruh langsung pada fungsi kognitif yang lebih baik. Oleh karena itu, otak yang sehat dapat membantu kamu melihat dan mengamati dengan lebih baik.

5. Kompres Dingin

Kompres dingin adalah solusi alami yang sangat baik untuk memastikan mata kamu erlihat segar setiap hari. Ini sangat berguna di musim dingin ketika kualitas udara buruk. Menggunakan masker terkompresi yang disimpan di dalam kulkas mengurangi kelelahan dan juga membantu dalam pengobatan mata kering, sakit kepala, dan insomnia.

6. Pakai Kacamata Hitam UV di Luar Ruangan

Mata juga perlu dilindungi dari efek berbahaya paparan sinar ultraviolet (UV) yang berlebihan. Sebab bisa berisiko mengalami katarak, kornea terbakar, degenarasi makula hingga kanker mata.

Oleh karena itu, kamu disarankan untuk memakai kacamata hitam yang dilengkapi pelindung UV atau menggunakan topi bertepi lebar saat beraktivitas di luar ruangan siang hari.

7. Pastikan Pencahayaan Ruangan 

Hindari membaca di ruangan dengan cahaya redup. Pasalnya, hal tersebut bisa membuat mata kamu lelah dan kering karena jarang berkedip. Pastikan ruangan memiliki pencahayaan yang cukup sesuai kondisi mata kamu.

8. Tidur yang Cukup

Istirahat yang cukup berperan besar dalam menjaga kesehatan tubuh, termasuk. Sebab tidur dapat membantu mata beristirahat secara total setelah digunakan beraktivitas seharian. Jika kamu kurang tidur, mata bisa lelah dan menyebabkan menurunnya penglihatan secara perlahan.

Bukan cuma itu, kurang tidur juga bisa mengakibatkan mata kering, merah, dan gatal.

9. Periksa Mata secara Rutin

Disarankan memeriksakan mata secara rutin setidaknya dua tahun sekali. Tujuannya dapat memantau kondisi mata dan deteksi dini jika ada masalah mata akibat penyakit tertentu seperti diabetes atau tekanan darah tinggi.

10. Berhenti Merokok

Tahukah kamu, ternyata merokok dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit katarak, degenerasi makula, dan merusak retina mata. Jika kamu seorang perokok aktif, hentikan kebiasaan merokok mulai sekarang juga demi menjaga kesehatan mata dan organ lainnya.

TIMES OF INDIA | PINK VILLA

Baca juga: Tanpa Disadari, 6 Kebiasaan Ini Bisa Menganggu Kesehatan Mata

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."