Kamila Andini Ungkap Deretan Film Favoritnya: My Girl hingga Dr. Samsi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Sutradara, Kamila Andini dalam acara Reflections of Me yang digelar oleh Netflix untuk merayakan Hari Perempuan Internasional, Kamis, 16 Maret 2023. Dok. Netflix

Sutradara, Kamila Andini dalam acara Reflections of Me yang digelar oleh Netflix untuk merayakan Hari Perempuan Internasional, Kamis, 16 Maret 2023. Dok. Netflix

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah kamu penasaran apa film favorit sutradara Kamila Andini? Luangkan waktu sejenak menyimak penuturan sutradara film Yuni itu di artikel ini. Oiya, yang dia sebutkan ini hanya beberapa dari sederet film favoritnya, sesuai kesediaan di masa itu.

Dini sapaan akrabnya mengaku kerap menonton film produksi Hollywood di masa kecilnya. Sebab di zaman tersebut, belum terlalu banyak sinema Indonesia.

"My Girl (1991), waktu saya kecil, itu film yang saya tonton. Saya melihat bagaimana si tokoh mencari jati diri, mengenali perasaan, jatuh cinta. Itu mempengaruhi saya," tutur Kamila Andini saat menjadi pembicara dalam acara Reflections of Me yang diadakan oleh Netflix di The Hall, Senayan City, Jakarta, pada Kamis, 16 Maret 2023.

The Sounds of Music, film produksi Iran, serta Malaysia juga termasuk film favorit dan kerap ditonton Dini.

Menariknya, baru di masa kini, Dini bisa menonton film-film Indonesia yang diproduksi di zaman dulu, seperti Dr. Samsi karya Ratna Asmara.

"Saya suka menonton film indonesia dengan tokoh utama perempuan atau disutradarai perempuan. Saya baru nonton film yang dibuat sutradara film perempuan Ratna Asmara 1950. ini merupakan film kedua yang dibuat beliau, sebelumnya ada Sedap Malam," ucapnya.

Dikutip dari situs Film Indonesia, dikisahkan Dr. Samsi merawat seorang bayi, yang ditinggalkan ibunya. Juru rawat Leo menukar bayi itu dengan bayi anak Dr. Samsi sendiri, yang berada dalam keadaan kritis dan akhirnya meninggal dunia. Seperempat abad kemudian bayi yang dinamai Sugiat itu telah jadi seorang ahli hukum. Dia berhasil membebaskan Sukaesih dari tuduhan membunuh Leo. Ternyata Sukaesih adalah ibu kandung Sugiat, dan Sugiat adalah anak hasil hubungan gelap Dr. Samsi dengan Sukaesih.

Kembali ke Dini, dia mengaku senang bisa mengakses film-film buatan sutradara perempuan di masa lampau.

"Saya berharap bisa menonton film-film founding mothers. Saya juga berharap melihat lebih banyak lagi film buatan sutradara perempuan, bagaimana mereka menciptakan karakter, membangun cerita dari sudut perempuan seutuhnya," ucap putri sutradara Garin Nugroho itu.

Baca juga: Kamila Andini Ceritakan Tantangan untuk Mengulas Sosok Perempuan Indonesia

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."