Mengenal SisBerdaya, Program untuk Wirausaha Perempuan Kembangkan Skill Bisnis

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Merayakan kiprah perempuan khususnya di bidang wirausaha, dompet elektronik DANA bekerja sama dengan Ant Group meluncurkan program SisBerdaya pada Selasa, 14 Maret 2023 di Jakarta/Foto: Cantika.com/Widya Fitrianingsih

Merayakan kiprah perempuan khususnya di bidang wirausaha, dompet elektronik DANA bekerja sama dengan Ant Group meluncurkan program SisBerdaya pada Selasa, 14 Maret 2023 di Jakarta/Foto: Cantika.com/Widya Fitrianingsih

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Turut merayakan kiprah para perempuan khususnya bidang wirausaha, dompet elektronik DANA bekerja sama dengan Ant Group meluncurkan program SisBerdaya pada Selasa, 14 Maret 2023. 

SisBerdaya ini merupakan program inisiatif lokal yang didedikasikan oleh aplikasi DANA dan Ant Group yang bergerak untuk memberdayakan para pelaku wirausaha UMKM terutama perempuan yang menggeluti bisnis ultra mikro dan mikro ini. 

Program inisiatif ini bertujuan untuk membantu para wirausahawan perempuan, dalam mengembangkangkan kemampuan keterampilan pengelolaan bisnis dan keterampilan digital agar terus dapat mengembangkan bisnisnya. Menilik ke belakang, masih banyaknya wirausahawan perempuan yang menjalankan bisnis mereka bersifat informal dan tradisional. Kesenjangan gender dalam hal keterampilan meraih informasi dan teknologi pun turut berperan penting.

SisBerdaya merupakan program pendampingan dan pelatihan dan juga kompetisi yang akan digelar dalam kurun waktu tiga bulan dan terbuka bagi para wirausahawan perempuan Indonesia. Program SisBerdaya ini akan mencakup berbagai macam materi, mulai dari manajemen strategi bisnis, pembayaran digital dan pemasaran, hingga penjualan global. 

Rangkaian diadakan secara hybrid

Registrasi SisBerdaya akan dimulai dari 14 April 2023 hingga 17 April 2023 melalui aplikasi DANA. Setelah proses pendaftaran ditutup dan selama penjurian tahap pertama, akan ada 180 pendaftar dari kedua kategori yang akan dipilih dari para juri, peserta terpilih akan diberi hadiah berupa uang tunai dan memenuhi syarat untuk memasuki fase berikutnya, yaitu bimbingan dan pelatihan keterampilan selama 1 bulan oleh para ahli dari DANA, mitra Ant Group, dan perwakilan, mitra industri, dan perwakilan pemerintah. 

"Penjurian SisBerdaya akan dilakukan oleh juri-juri andal yang berasal dari berbagai instansi dengan kompetensi yang sudah kami kurasi. Mulai dari Ant Group, Bank Indonesia Dana, UN Women, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sampai KOMINFO," ungkap Agustina Samara, Chief People dan Corporate Strategy, DANA Indonesia.

Pada akhir fase ini, semua peserta diminta untuk menyerahkan rencana bisnis mereka untuk evaluasi akhir, kemudian peserta yang mendapat peringkat lima besar akan ke Jakarta untuk kompetisi presentasi akhir yang akan akan diadakan pada Mei 2023 untuk memperebutkan hadiah akhir hingga mencapai 20.000.000 rupiah. 

"Dengan hadirnya SisBerdaya, kami menargetkan menjangkau lebih dari 100.000 UMKM perempuan di Indonesia, total bantuan modal yang kami berikan pun mencapai hingga lebih dari 200.000.000 rupiah, dengan harapan mampu menguatkan wirausahawan perempuan untuk terus berdaya saing dan berinovasi," tambah Agustina. 

Dengan adanya bantuan modal yang diberikan oleh SisBerdaya ini, kendala finansial menjadi semakin teratasi. Sehingga, "Melalui pendampingan, berbagi pengetahuan, dan perjuangan satu sama lain melalui perjalanan digitalisasi, kita menjadi lebih kuat bersama. Ketika kita bersama-bersama, kita bisa melangkah lebih jauh," jelas Carrie Suen, Senior Advisor, Global Affairs dan Sustainabillity Strategies, Ant Group.

Semua Informasi lengkap mengenai SisBerdaya sudah dapat diakses dari aplikasi dompet elektronik, DANA dengan meng-klik banner SisBerdaya yang tertera saat memulai aplikasi DANA

Pilihan Editor: Irish Bella Ajak Para Ibu Muda Terjun di Dunia Wirausaha

WIDYA FITRIANINGSIH 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."