Dior Bakal Gelar Fashion Show Pertama di India, Sang Direktur Kreatif Ungkap Alasannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
(tengah) Direktur kreatif Dior, Maria Grazia Chiuri unggah foto dirinya bersama tim Chanakya Atelier mengumumkan fashion show pertama Dior di Mumbai, India, pada 30 Maret 2023. Foto: Instagram/@mariagraziachiuri

(tengah) Direktur kreatif Dior, Maria Grazia Chiuri unggah foto dirinya bersama tim Chanakya Atelier mengumumkan fashion show pertama Dior di Mumbai, India, pada 30 Maret 2023. Foto: Instagram/@mariagraziachiuri

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Panggung peragaan busana atau fashion show rumah mode ternama tak selalu identik di Amerika dan Eropa. Hal itu tergambar pada agenda fashion show Dior Musim Gugur 2023 di akhir bulan ini. Sang direktur kreatif, Maria Grazia Chiuri memilih Mumbai, India, sebagai lokasi peragaan busana. Ini merupakan kali pertama rumah mode asal Prancis itu menghelat show di negara Bollywood.

Dijadwalkan fashion show digelar pada 30 Maret 2023 di monumen Gateway of India, menurut Business of Fashion. Pertunjukan Dior akan diatur di tengah-tengah dengan latar belakang Gateway of India yang bersejarah.

Maria Grazia Chiuri diketahui telah lama bekerja sama dengan sebuah sekolah seni dan kerajinan yang berbasis di Mumbai untuk wanita bernama Chanakya International. Sekolah itu diketahui yang dimiliki oleh Karishma Swali. Sebagian besar pekerjaan menyulam yang terlihat pada koleksi rumah mode terkemuka seperti Dior atau Gucci dibuat di Mumbai, tetapi tidak banyak yang menyadarinya.

"Bagi saya untuk menggelar fashion show di India berarti juga untuk merayakan warisan India dalam sulaman dan betapa pentingnya [itu] di dunia mode," kata Chiuri seperti dikutip dari Business of Fashion.

Baca juga: Jimin BTS Ditunjuk jadi Duta Global Dior, Intip Gayanya Pakai Busana Musim Panas 2023

Alasan Chiuri Memilih India

Lewat akun Instagram resminya, selain mengumumkan tanggal fashion show, Chiuri mengumumkan  alasannya memilih India. Ia awali dengan mengisahkan jalinan kerja samanya dengan Chanakya Atelier lebih dari dua dekade.

"Saya telah bekerja dengan Chanakya Atelier selama lebih dari 20 tahun, mengembangkan persahabatan yang erat dan hubungan kerja dengan para direktur dan pendirinya Nehal dan Karishma," tulisnya di keterangan foto Instagram yang diunggah pada Selasa, 14 Maret 2023.

Menurut Chiuri, kerja sama tersebut berdampak pada pertumbuhan dia sebagai pribadi dan profesional.

"Melalui hubungan dengan Chanakya inilah saya dapat belajar banyak tentang teknik bordir artisanal, yang masih ditemukan di setiap wilayah India, dan kemampuan unik dari Chanakya Atelier untuk berdialog dengan industri mode," ungkapnya. 

Chiuri juga mengatakan ingin menunjukkan sejarah, budaya, dan kerajinan termasuk bordir India salah satu alasannya menggelar fashion show.

"Saya pribadi ingin merayakan dan memamerkan pengetahuan luar biasa yang ditawarkan India kepada dunia mode internasional di bidang bordir, penguasaan para pengrajin yang terus mengerjakan kerajinan ini, dan komitmen para pendiri Chanakya untuk melestarikan sejarah dan budaya India, digambarkan oleh masing-masing teknik bordir," ucapnya.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."