3 Cara Membantu Teman yang Depresi, Hadir tanpa Menghakimi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Depresi adalah gangguan kesehatan mental yang bisa terjadi karena berbagai pemicu. (Pexels/Ivan Samkov)

Depresi adalah gangguan kesehatan mental yang bisa terjadi karena berbagai pemicu. (Pexels/Ivan Samkov)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika kamu mengetahui teman sedang depresi, mengetahui cara mendukung mereka melewatinya bisa menjadi suatu tantangan. Mungkin kamu sudah mencoba berbicara dengan mereka, tetapi mereka menepis kamu atau tampak gelisah. Atau mungkin kamu telah mengundang mereka untuk melakukan sesuatu, tapi mereka terus menghindar. Jangan menyerah untuk hadir untuk teman kamu yang depresi. Berikut beberapa cara membantu teman yang depresi menurut psikiater dan neuropsikolog.

“Kondisi kesehatan mental seperti depresi akan bermanifestasi secara berbeda tergantung pada individu, jadi saya sarankan menyesuaikan pendekatan kam untuk mendukung orang yang kamu cintai termasuk teman berdasarkan apa yang berdampak dengan mereka,” kata Dr. Anisha Patel-Dunn, psikiater di San Francisco, California, Amerika Serikat, dilansir dari Purewow, 9 Februari 2023.

“Tidak ada pendekatan satu ukuran untuk semua. Namun, ada sejumlah tindakan yang dapat kamu lakukan untuk membantu orang tersayang yang mengalami depresi agar mereka tahu bahwa kamu ada untuk mereka.”

Cara Membantu Teman yang Depresi

1. Mulai Percakapan

Orang akan sering bertanya, "ada apa denganmu?" yang bisa dianggap sebagai tuduhan dan menyebabkan orang tutup mulut. Sebagai gantinya, dr. Sanam Hafeez, neuropsikolog dan direktur di Comprehend the MindHafeez merekomendasikan mengawali percakapan seperti "Aku perhatikan akhir-akhir ini kamu tidak menjadi diri kamu sendiri, dan tidak apa-apa, ada yang bisa aku bantu?"

2. Mendorong Mereka untuk Melakukan Hal-hal Kecil

“Ketika seseorang mengalami depresi, akan sulit untuk bangun dari tempat tidur dan melangkah. Cobalah untuk menjadi pemandu sorak yang halus dan dorong mereka untuk melakukan hal-hal yang dapat diatur untuk keluar rumah seperti pergi naik mobil, menemani kamu melakukan tugas atau berjalan-jalan di sekitar blok. Apa pun yang membuat mereka keluar dari rumah adalah langkah ke arah yang benar,” kata Hafeez.

3. Bantu Mereka Mencari Terapi

“Jika kamu merasa nyaman, kamu mungkin ingin berbicara secara terbuka tentang pengalaman kamu sendiri dengan kesehatan mental atau terapi. Kamu juga dapat menawarkan untuk membantu mereka mengidentifikasi dan membuat janji temu dengan ahli kesehatan mental atau mengantar mereka ke dan dari janji temu, ”kata Patel-Dunn.

“Jika mereka memiliki tanggung jawab mengasuh, kamu dapat menawarkan untuk turun tangan saat mereka mengambil janji temu,” tambahnya.

Cara lain untuk mendukung seseorang yang mengalami depresi yang mungkin tampak seperti tindakan kecil, tetapi dapat membuat perbedaan besar termasuk hanya berada di sana untuk mereka dan mendengarkan tanpa menghakimi, membantu mereka mengerjakan tugas di sekitar rumah atau memasak makanan, dan memeriksa mereka secara teratur.

Baca juga: Penelitian: Rehat Seminggu dari Media Sosial Bisa Kurangi Cemas dan Depresi

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."