5 Manfaat Greek Yogurt untuk Kesehatan Tubuh

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi Greek Yoghurt. Foto: Freepik.com/Racool_studio

Ilustrasi Greek Yoghurt. Foto: Freepik.com/Racool_studio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Yogurt yunani atau greek yogurt dikenal lebih rendah laktosa daripada produk susu lainnya. Maka dari itu, dikenal lebih lembut di perut. Bukan cuma itu, greek yogurt juga tinggi protein dan rendah karbohidrat yang bisa membantu pembentukan otot tanpa lonjakan gula yang besar. Bukan cuma itu, ada sejumlah manfaat greek yogurt yang perlu kamu ketahui.

5 Manfaat Greek Yogurt untuk Kesehatan Tubuh

1. Tinggi Protein 

Kebutuhan protein individu setiap orang akan bervariasi, dan rekomendasi umumnya adalah 0,8 gram protein per setiap kilogram berat badan, tetapi tidak jarang beberapa orang menargetkan 100 gram atau lebih protein per hari.

Salah satu cara untuk mencapai tujuan tinggi asupan protein harian adalah menyantap greek yogurt. Menurut beberapa penelitian, greek yogurt memiliki jumlah protein hingga empat kali lipat dibandingkan yogurt biasa.

“Satu porsi 6 hingga 7 ons greek yogurt dapat menawarkan 18 hingga 20 gram protein,” kata Sarah Schlichter, ahli diet terdaftar, seperti dilansir laman Real Simple, 2 Maret 2023.

“Bagi kebanyakan orang, menargetkan 20 hingga 30 gram protein per makanan adalah tujuan yang baik untuk rasa kenyang dan menstabilkan gula darah,” lanjutnya.

Sementara itu, menurut studi lainnya, greek yogurt berprotein tinggi secara signifikan meningkatkan kekuatan, ketebalan otot, dan massa bebas lemak pada peserta yang menjalani program pelatihan ketahanan selama 12 minggu.

"Mendapatkan protein yang konsisten sepanjang hari dapat membantu pemeliharaan otot dan manajemen berat badan," kata Schlichter, menunjuk pada penelitian sebelumnya tentang hubungan antara protein dan rasa kenyang. Diet tinggi protein juga terbukti membantu meningkatkan metabolisme.

Protein membuat Anda kenyang lebih lama, jadi Anda cenderung tidak mengonsumsi kalori kosong (dari makanan yang tidak padat nutrisi) yang tidak memberikan energi atau rasa kenyang yang bertahan lama.

2. Menyehatkan Pencernaan

Sebagai makanan fermentasi, greek yogurt kaya akan probiotik. “Greek yogurt adalah sumber probiotik yang bagus, yaitu bakteri hidup yang hidup dan berkembang di usus kita,” kata Schlichter.

Mikrobioma usus memiliki keseimbangan unik antara bakteri "baik" dan "jahat", dan mengonsumsi makanan kaya probiotik membantu meningkatkan jenis yang baik, sehingga usus Anda dapat menangkis jenis yang berbahaya.

“Penelitian telah menunjukkan bahwa variasi diperhitungkan dalam hal mikroba usus — semakin banyak variasi, semakin baik,” jelas Kim Kulp, ahli gizi terdaftar. “Makanan fermentasi seperti greek yogurt meningkatkan keragaman mikroba usus, yang dapat mengurangi peradangan dan menurunkan risiko penyakit tertentu.”

Baca juga: Manfaat Yogurt untuk Anak, Bantu Penuhi Kebutuhan Vitamin D, Kalium, dan Kalsium

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."