5 Manfaat Greek Yogurt untuk Kesehatan Tubuh

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi Greek Yoghurt. Foto: Freepik.com/Racool_studio

Ilustrasi Greek Yoghurt. Foto: Freepik.com/Racool_studio

IKLAN

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Makanan probiotik adalah kunci untuk usus yang sehat, tetapi juga penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Mendukung usus yang sehat juga dapat diterjemahkan menjadi peningkatan kekebalan, berkat sumbu mikrobiota-imun.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa produk susu fermentasi yang kaya probiotik seperti yogurt, kefir, dan bahkan keju cottage dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Ada juga bukti bahwa ibu menyusui yang mengonsumsi produk semacam itu tidak hanya memperoleh manfaat kekebalan pada bayinya, tapi juga perlindungan dari alergi susu di masa depan.

4. Mengandung Vitamin B12 yang Tinggi

“Greek yogurt, terutama varietas tanpa lemak, kaya akan vitamin B12, gizi penting untuk pembentukan sel darah merah, sistem saraf, dan sistem produksi energi,” ujar Schlichter. Menurut data USDA, satu wadah greek yogurt 156 gram menawarkan sekitar 45 persen kebutuhan harian Anda akan B12. 

5. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Penelitian menunjukkan bahwa susu rendah lemak seperti greek yogurt dapat membantu menurunkan tekanan darah, menurut Kulp. “Kombinasi kalsium, potasium, fosfor, dan magnesium dalam yogurt Yunani dapat bekerja sama untuk mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah,” jelasnya.

Ilustrasi greek yogurt. Freepik.com/Racool_studio

Mengapa Greek Yogurt Berbeda dari Yogurt Lainnya?

Yang membuat greek yogurt berbeda dari yogurt biasa adalah penyaringannya. Whey dihilangkan, meninggalkan lebih sedikit cairan, dan konsistensi yang lebih kental. Ini juga memberikan kandungan proteinnya yang lebih tinggi dan membantu memberikan rasa asam yang khas.

Lantas, bagaimana cara makan lebih banyak greek yogurt? “Makan greek yoghurt [polos] saja mungkin terlalu asam bagi sebagian orang, jadi cobalah menambahkannya ke sesuatu yang sudah Anda sukai, seperti oatmeal atau smoothie,” saran Schlichter.

Anda juga bisa menggunakannya sebagai pengganti krim asam atau mayones dalam saus, saus, saus salad, atau resep seperti salad tuna. Pilihan lainnya, Anda bisa menambahkan greek yogurt ke makanan yang dipanggang seperti pancake atau muffin untuk memberikan tekstur yang lebih lembut dan berkrim. Atau menjadikan greek yogurt sebagai bahan dasar parfait yang sempurna.

Pilihan Editor: Yogurt Aman Dikonsumsi Ibu Hamil Asalkan Ada 4 Syarat Ini

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."