6 Tips Pola Makan Sehat yang Bisa Kamu Coba, Berat Badan Turun jadi Bonus

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita diet. Freepik.com/Schantalao

Ilustrasi wanita diet. Freepik.com/Schantalao

IKLAN

4. Masak satu resep baru setiap minggu

Coba masak menu yang menyenangkan dan sebagai bonus tambahan, bahkan mungkin memiliki manfaat kesehatan. Orang yang memasak di rumah cenderung memiliki kesehatan yang lebih baik, hubungan pribadi yang lebih dekat, dan rasa identitas budaya yang lebih kuat, menurut ulasan tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Appetite.

Untuk memaksimalkan efek positifnya, luangkan waktu untuk duduk dan menikmati makanan yang telah Anda masak. Ini mungkin berarti menikmati makanan bersama teman atau keluarga, tetapi bisa juga sesederhana mematikan Netflix, menyalakan lilin, dan menikmati makanan yang telah Anda siapkan sendiri. “Ini adalah cara untuk menjaga kesehatan mental Anda,” kata Burnette, “Ini dapat menghubungkan Anda dengan makna dan kegembiraan dalam hidup.” Plus, Anda akan menghemat uang yang seharusnya Anda belanjakan untuk dibawa pulang

5. Bikin catatan 

Daripada menghitung kalori, mulailah melacak bagaimana makanan Anda memengaruhi perasaan Anda. Catat apa yang Anda makan setiap kali makan—bukan nutrisi makro dan porsi yang tepat, seperti yang Anda lakukan pada diet ketat, tetapi rangkuman sederhana tentang apa yang ada di piring Anda—seberapa lapar Anda sebelumnya, dan bagaimana perasaan Anda setelahnya.

Memperhatikan rasa lapar adalah elemen penting dari makan intuitif, sebuah paradigma diet yang mendorong makan berdasarkan isyarat internal, bukan isyarat eksternal. Orang dewasa yang mempraktikkan makan intuitif cenderung tidak stres makan dan lebih bahagia dengan tubuh mereka.

6. Nikmati makanan kamu

Pada akhirnya, setiap perubahan yang Anda lakukan pada diet Anda harus menjadi penyesuaian yang cukup mudah untuk Anda pertahankan, dan yang membuat Anda merasa baik, kata Olson. Nikmati makanan bukan bertujuan menurunkan berat badan.

Jangan memaksakan diri untuk mulai makan sayuran yang tidak Anda sukai; jangan berharap diri Anda memasak makanan yang rumit pada malam hari jika Anda sering pulang dengan kelelahan; jangan menenggak air setiap kali Anda mendambakan soda. Jika cara makan Anda membuat Anda mudah tersinggung, lelah, atau stres, yah—itu tidak baik untuk kesehatan Anda, bukan? 

Pilihan Editor: Penyebab Darah Tinggi pada Usia Muda, Pola Makan dan Gaya Hidup

POPSCI 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."