7 Perubahan Miss V Sesuai Usia

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi vagina. Shutterstock

Ilustrasi vagina. Shutterstock

IKLAN

5. Rambut Kemaluan Menipis

Rambut kemaluan pendek dan ikal mungkin akan terlihat lebih jarang di tahun-tahun lanjut usia nantinya.

"Sama seperti rambut lain di tubuh kita, rambut kemaluan akan mulai menipis selama berbagai tahap hormonal dalam hidup kita," ungkap Dr. Ross.

Sebagai contoh, selama masa menopause, rambut kemaluan mungkin mulai tumbuh lebih lambat atau kurang tebal, ungkapnya.

Selain itu, kondisi medis tertentu dan penggunaan beberapa obat yang cenderung menjadi lebih umum pada usia yang lebih tua juga dapat membuat rambut kemaluan menipis, tambah Dr. Ross.

Meskipun penampilan yang baru ini mungkin membutuhkan penyesuaian, mungkin kamu akan merasa lebih nyaman dengan rambut yang lebih sedikit di area tersebut.

6. Miss V Mungkin Semakin Pendek dan Menyempit

Ke depannya, dengan menopause dan hilangnya rangsangan estrogen pada miss V, tidak hanya jaringan menjadi lebih kering tapi juga lebih kecil. "Tanpa estrogen esensial, jaringan vagina dapat menjadi kurang elastis, dan saluran vagina dapat menjadi lebih pendek dan sempit, ungkap Dr. Ross.

Meskipun pengurangan ukuran miss V ini dapat mengurangi keinginan kamu untuk berhubungan intim (terutama jika itu menjadi lebih menyakitkan), kurangnya aktivitas seksual, termasuk penetrasi dengan penis, mainan seks, atau jari, dapat memperburuk kondisi ini, jelasnya.

7. Kemungkinan Terjadi Varises

Sudah menjadi hal yang umum untuk melihat pembuluh darah yang lebih besar dan kebiruan muncul di kaki ketika usia bertambah, tetapi varises di daerah vulva? Ya, varises (yaitu pembuluh darah yang bengkok dan membesar) terjadi terutama pada tungkai dan kaki, tetapi juga dapat muncul di dekat vulva, ungkap Dr. Ross.

Kamu mungkin melihat pembuluh darah vena yang menonjol ini muncul selama kehamilan. Hal ini terjadi berkat peningkatan aliran darah ke area panggul, yang membuatnya menonjol, menurut Mayo Clinic.

Faktor risiko lain untuk varises vulva termasuk obesitas dan berdiri dalam waktu yang lama, karena keduanya memberikan tekanan yang berlebihan pada vena di tubuh bagian bawah tubuh kita, jelas Dr. Ross.

Sekali lagi, efek penuaan pada tubuh kita, termasuk perubahan miss V tidak dapat dihindari, ungkap Dr. Ross. Meskipun tidak semua perubahan itu menyenangkan, sikap dan kepercayaan diri merupakan faktor yang paling penting dalam bagaimana kita memandang bagian tubuh kita yang menua nantinya.

Pilihan Editor: 10 Penyebab Miss V Gatal, dari Terlalu Banyak Berkeringat hingga Infeksi Jamur

WIDYA FITRIANINGSIH | LIVESTRONG

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."