6 Langkah Mencuci Muka yang Benar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi remaja membersihkan wajah. Freepik.com/Kamran Aydinov

Ilustrasi remaja membersihkan wajah. Freepik.com/Kamran Aydinov

IKLAN

Durasi Memijat Wajah saat Mencuci Muka

Bukan cuma langkah mencuci muka dengan benar yang harus diperhatikan, ada pula durasi tertentu saat memijat pembersih di kulit wajah. Di platform video disebut durasi terbaik memijat wajah dengan pembersih selama 60 detik atau satu menit. Bagaimana menurut ahli?

"Memang benar bahwa agar pembersih menjadi efektif, produk tersebut harus berada di kulit untuk jangka waktu yang cukup," kata Dr. Marisa Garshick, dokter kulit dan asisten profesor klinis di Universitas Cornell, New York, Amerika Serikat.

"Meskipun begitu, secara umum rata-rata 30 hingga 60 detik sudah cukup bagi kebanyakan orang," lanjutnya.

Dr. Penzi menyetujui pernyataan dokter Garshick. Menurut dia, sebagian besar pembersih wajah memiliki semacam surfaktan atau sabun di dalamnya yang membutuhkan waktu untuk berbusa dan menghilangkan residu dari kulit wajahmu dengan tepat.

Menurut Dr. Garshick, ada beberapa faktor utama yang perlu dipertimbangkan, seperti jenis pembersih yang kamu gunakan dan seberapa banyak riasan, dan penumpukan pada kulitmu.

"Untuk seseorang yang memakai banyak riasan, mereka mungkin membutuhkan waktu 60 detik penuh untuk menghapusnya secara menyeluruh," jelasnya.

"Selain itu, jika kamu menggunakan pembersih obat seperti yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat untuk mengobati jerawat, kamu harus memastikan pembersih tersebut berada di kulit kamu cukup lama agar bahan aktifnya bekerja." Jika keduanya tidak cocok untukmu, kamu bisa memilih pembersih yang lebih singkat, 30 detik.

Yang pasti, Dr. Camp memperingatkan agar tidak membersihkan wajah lebih dari 60 detik karena dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi.

Pilihan Editor: Bolehkah Menggosok Wajah saat Aplikasikan Skincare? Ini Jawaban Dokter Kulit

WIDYA FITRIANINGSIH | PUREWOW

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."