Kamala Harris Sebut Ibu Kedua Salah Satu Inspirasinya dalam Memimpin

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Wakil Presiden AS Kamala Harris berada di urutan kedua dalam daftar 100 wanita paling berpengaruh di dunia versi Forbes 2021. Harris menjadi wanita pertama, orang kulit hitam pertama, dan orang Asia Selatan-Amerika pertama yang menjadi wakil presiden AS. REUTERS/Kevin Lamarque

Wakil Presiden AS Kamala Harris berada di urutan kedua dalam daftar 100 wanita paling berpengaruh di dunia versi Forbes 2021. Harris menjadi wanita pertama, orang kulit hitam pertama, dan orang Asia Selatan-Amerika pertama yang menjadi wakil presiden AS. REUTERS/Kevin Lamarque

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris mengungkapkan Regina Shelton salah satu inspirasinya dalam memimpin. Shelton dianggap Harris sebagai ibu kedua yang memengaruhi caranya dalam mengadvokasi kehidupan keluarga dan anak-anak saat ini. Sebagai seorang peneliti kanker payudara, ibunda dari Kamala Harris yang bernama Shyamala Gopalan seringkali bekerja hingga larut malam dan terkadang hingga akhir pekan.

Pada hari-hari itu, ia dan saudara perempuannya kerap menghabiskan banyak waktu di rumah keluarga Regina Shelton, yang berjarak dua pintu dari rumah mereka. Shelton diketahui dibesarkan di Louisiana, dan suaminya, yang merupakan seorang Pendeta Arthur Shelton, berasal dari Arkansas. Seperti kebanyakan keluarga kulit hitam di era itu yang berasal dari Selatan, mereka pindah ke California.

Sejak saat itu, Harris menganggap Shelton sebagai ibu kedua. Shelton diketahui mengelola sebuah sekolah penitipan anak, dan Kamala tinggal di apartemen di lantai atas sekolah tersebut berada. Tidak hanya merawat anak-anak yang berada pada komunitas, ia juga merawat para orang tua.

Shelton adalah sosok seorang ibu dari komunitas tersebut, yang seringkali memberikan nasihat, dukungan, hidangan rumahan, dan terkadang hanya sekadar pelukan.

Sering kali, Kamala melihat Shelton duduk di sudut sekolah penitipan anak, berbicara dengan seorang ibu yang sedang menghadapi masalah. Shelton merekrut timnya dari dalam komunitas tersebut. "Dia membimbing orang lain. Dia adalah seorang pemimpin masyarakat dan pemimpin komunitas, meskipun bagi anggota komunitas, dia hanyalah seorang Ibu," ungkap Kamala Harris seperti dilansir laman Pop Sugar, pada 16 Februari 2023.

Baca juga: Kamala Harris Dilantik Menjadi Wapres Mengenakan Gaun Christopher John Rogers

Pada hari Minggu, mereka biasanya akan duduk di bagian belakang mobil station wagon milik Shelton untuk pergi ke gereja. Shelton adalah seorang wanita dengan iman yang mendalam dan menghidupi imannya sebagai hal yang wajib untuk dilakukan sehari-hari. Hal inilah yang ditampilkan setiap hari dalam tindakannya.

“Sebagai jaksa agung California, sebagai senator Amerika Serikat, dan kemudian sebagai wakil presiden Amerika Serikat, saya meletakkan tangan saya di atas Alkitab-nya saat saya mengambil sumpah jabatan. Di setiap langkah saya, Ny. Shelton selalu mendampingi saya,”ungkap Kamala Harris.

Sepanjang perjalanan kariernya, Harris termotivasi untuk membantu meningkatkan kehidupan anak-anak dan juga keluarga, dengan mengambil contoh pendekatan dari Shelton.

Sebagai seorang jaksa agung California, ketika Kamala berhadapan dengan bank-bank besar untuk mempertahankan pemilik rumah yang kesulitan, dia memikirkan kebanggaan keluarga Shelton terhadap rumah dan halaman depan mereka, yang disiram dan dipelihara dengan penuh kasih sayang.

Kini, sebagai wakil presiden Amerika Serikat, ketika pemerintahan yang dipimpinnya berupaya menurunkan tagihan listrik atau membuat obat resep yang lebih terjangkau, Kamala Harris berupaya tentang bagaimana menciptakan masa depan yang lebih kuat, lebih sehat, dan lebih sejahtera untuk semua anak, semua keluarga, dan semua komunitas seperti apa yang telah diajarkan oleh Regina Shelton kepadanya.

Pilihan Editor: Jadi Ibu Sambung, Kamala Harris: Kedua Anak Doug adalah Sumber Kebahagiaan

WIDYA FITRIANINGSIH | POPSUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."