Resep Pisang Goreng Nugget Versi Chef Yuda Bustara

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Pisang goreng nugget ala Chef Yuda Bustara. Foto: Tangkap layar Youtube/Yuda Bustara

Pisang goreng nugget ala Chef Yuda Bustara. Foto: Tangkap layar Youtube/Yuda Bustara

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pisang goreng salah satu camilan favorit kebanyakan Indonesia. Ada beragam varian menu pisang goreng, dari yang polos hingga dilapisi aneka pugasan atau topping. Untuk inspirasi resep camilan akhir pekan ini, kamu bisa mencoba pisang goreng nugget ala Chef Yuda Bustara. 

Cara pembuatannya terbagi menjadi dua bagian dan mudah diikuti. Kamu bisa membuatnya bersama  keluarga. Berikut resep pisang goreng nugget yang simpel dan mudah diikuti.

Bagian Pertama

Bahan:

- 2 butir telur

- 100 gram tepung terigu

- 15 gram gula pasir

- 30 gram susu bubuk

- 4 buah pisang

Cara Membuat Adonan Nugget Pisang:

1. Campurkan seluruh bahan ke dalam satu wadah, mulai dari telur, terigu, gula pasir, susu bubuk, dan pisang.

Jika tidak ada susu bubuk, menurut chef Yuda, bahan ini juga bisa diganti dengan creamer bubuk atau susu kental manis. Namun khusus untuk susu kental manis, sebaiknya tidak terlalu banyak agar adonan nugget tidak terlalu cair.

2. Kemudian hancurkan seluruh campuran bahan dengan menggunakan food processor. Jika tidak memiliki alat tersebut, Anda juga bisa menghancurkan pisang dengan menggunakan garpu dan campurkan dengan bahan-bahan lain.

Haluskan seluruh bahan hingga menjadi adonan. Chef Yuda menyarankan agar proses ini tidak terlalu lama agar tekstur pisang tetap bisa didapatkan.

3. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dilapisi kertas roti. Ini bermanfaat agar adonan yang sudah matang tidak lengket dan lebih mudah dikeluarkan dari loyang.

4. Kukus adonan selama 15-20 menit. Anda juga boleh menggunakan oven dan panggang selama 15-20 menit.

Selama mengukus adonan, sebaiknya tidak ditutup seluruhnya, saran chef Yuda. Hal ini bertujuan agar adonan tidak overcook. Anda dapat sedikit memiringkan tutup panci dan biarkan sedikit terbuka.

5. Angkat adonan yang sudah matang dan tunggu sampai dingin. Kemudian, keluarkan adonan dari loyang dan potong menjadi beberapa bagian. Adonan nugget setengah matang pun telah siap.

Bagian Kedua

Bahan:

- Adonan nugget setengah matang yang sudah jadi

- 2 butir telur

- Tepung terigu secukupnya

- Tepung pangko/tepung roti/tepung panir secukupnya

- Aneka topping seperti cokelat atau keju sesuai selera

Cara Menggoreng Pisang Nugget:

1. Agar pisang nugget lebih gurih, taburkan sedikit garam ke dalam tepung terigu, telur yang sudah dikocok, dan tepung pangko.

Campurkan adonan nugget setengah matang tadi ke tepung terigu, kemudian celupkan ke dalam telur yang sudah dikocok, dan terakhir balurkan adonan ke tepung pangko.

Jika ingin mendapatkan tekstur yang lebih renyah, Anda juga dapat mengulangi langkah-langkah pencampuran nugget ke tiga bahan tadi sekali lagi.

2. Jika proses mencampurkan adonan nugget dengan telur, tepung terigu, dan tepung pangko telah selesai, Anda bisa langsung menggorengnya atau boleh menyimpannya terlebih dahulu di dalam freezer. Adonan ini dapat bertahan sampai tiga bulan jika disimpan di dalam freezer.

3. Goreng adonan nugget itu hingga matang merata. Kemudian angkat dan tiriskan pisang nugget

4. Sajikan pisang nugget di atas piring. Beri toping di atasnya sesuai dengan selera. Jika ingin mendapatkan toping cokelat yang meleleh, Anda bisa menutup pisang nugget dan biarkan uap panasnya memicu cokelat hingga meleleh selama 1-2 menit.

5. Pisang goreng nugget siap disantap.

Pilihan Editor: Kalahkan Churros dan Donat, Pisang Goreng jadi Dessert Terbaik di Dunia

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."