4 Manfaat Persalinan Water Birth, Menurut Dokter

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Hilary Duff melahirkan anak ketiganya, Mae James Bair, pada Rabu, 23 Maret 2021 (Instagram/@hilaryduff)

Hilary Duff melahirkan anak ketiganya, Mae James Bair, pada Rabu, 23 Maret 2021 (Instagram/@hilaryduff)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Persalinan di dalam air atau water birth adalah salah satu metode melahirkan yang bisa dipilih ibu hamil. Menurut dr. Deepika Aggarwal, Ob-Gyn Senior di CK Birla Hospital, Gurugram, India, metode water birth aman dan terbukti secara klinis asalkan dilakukan oleh seorang ahli yang memiliki pengalaman dan pelatihan untuk melakukannya. Lantas, apa saja manfaat persalinan water birth? Berikut empat di antaranya menurut dokter.

1. Efek Menenangkan

Menurut dr. Mannan Gupta, Managing Director dan Gynecologist, ELANTIS Healthcare, di India, pemilihan air hangat dalam metode water birth bisa menenangkan, juga merilekskan otot dan saraf yang kaku, mengurangi ketegangan, serta kecemasan.

"Ini juga bertindak sebagai pereda nyeri alami dengan menurunkan tekanan darah dan mendorong tubuh untuk menghasilkan endorfin, yang mengurangi intensitas rasa sakit. Ini membantu dalam membuat kontraksi yang efektif karena oksigenasi otot rahim yang lebih baik, sehingga mengurangi komplikasi janin,” ungkapnya dikutip dari laman Times of India, pada Minggu, 12 Februari 2023.

2. Pereda Nyeri Alami

Bukan cuma itu, berendam dalam air hangat selama persalinan water birth juga membantu menurunkan tekanan darah, menenangkan saraf dan otot membuat Anda tidak terlalu cemas. Ini juga membantu melepaskan hormon bahagia (endorfin) yang bertindak sebagai pereda nyeri alami yang selanjutnya mengurangi keparahan nyeri.

3. Efek Apung

Efek daya apung dalam air membantu rasa kontrol yang lebih baik yang memungkinkan gerakan bebas tidak seperti metode tradisional. Daya apung juga memungkinkan bayi untuk bergerak lebih dekat ke jalan lahir memberikan kemudahan, rasa kontrol yang lebih baik, dan memperpendek durasi persalinan.

4. Komplikasi Minimal

Menurut Dr. Agarwal, air membantu meningkatkan elastisitas perineum. Karena itu, kemungkinan vagina robek saat melahirkan lebih kecil. Meregangkan daerah perineum dengan air hangat menurunkan kemungkinan kerusakan dan juga mempersingkat waktu pemulihan. Perendaman air dapat memberikan keuntungan ini selama persalinan, bahkan jika dilakukan operasi caesar.

Perlu diingat bahwa masing-masing prosedur persalinan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Penentu akhir dari prosedur yang digunakan ditentukan oleh kebutuhan klinis dan kesehatan kehamilan ibu, imbau Dr. Gupta. Mencari nasihat dokter dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan sangat penting. Prosedur persalinan water birth harus dilakukan di hadapan perawat ahli dan terlatih agar bayi tidak menelan air dan ditarik keluar pada waktu yang tepat.

Pilihan Editor: Ibu dengan Mata Minus Dilarang Lahiran Normal? Ini Kata Ahli

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."