Kapan Waktu yang Tepat untuk Konsumsi Suplemen Kolagen?

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita melihat wajahya di cermin. Freepik.com/Lifeforstock

Ilustrasi wanita melihat wajahya di cermin. Freepik.com/Lifeforstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Seiring pertambahan usia, produksi kolagen menurun. Meskipun Anda dapat menemukan kolagen dalam makanan, itu tidak begitu intuitif. Untuk mencukupinya, Anda bisa mengonsumsi suplemen kolagen. Lantas, kapan waktu terbaik mulai mengonsumsi suplemen kolagen?

Jika garis-garis halus tidak hilang setelah Anda mencubit kulit, itu pertanda sebaiknya mulai konsumsi suplemen kolagen. Kerutan ringan ini cenderung terbentuk saat degradasi kolagen melebihi produksi kolagen. Ini secara alami terjadi pada tubuh kebanyakan orang di usia akhir belasan atau awal 20-an, dan menurun sekitar 1 persen setiap tahunnya.

"Garis-garis halus sering dianggap sebagai kerutan (versi) bayi," kata dokter kulit bersertifikat Joshua Zeichner, dikutip dari laman Mind Body Green pada 7 Februari 2023. Ukiran yang samar itu bisa berkembang menjadi lipatan yang lebih dalam di kemudian hari, oleh karena itu penting untuk mengonsumsi suplemen kolagen lebih awal.

Satu cara mudah untuk melakukannya adalah menambahkan suplemen kolagen ke dalam rutinitas harian Anda.

Baca juga: 5 Penyebab Menurunnya Produksi Kolagen, dari Tak Pakai Tabir Surya hingga Kurang Tidur

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolagen peptida mampu mendukung kekenyalan kulit dan kepadatan kolagen kulit. Bagaimana caranya? Peptida kolagen terhidrolisis telah terbukti membantu meningkatkan produksi alami kolagen tubuh dan molekul lain yang menyusun kulit, seperti elastin dan fibrillin.

Belum lagi, studi klinis tentang suplementasi kolagen dan hidrasi kulit menunjukkan bahwa dengan penggunaan teratur, ini mendukung tingkat hidrasi kulit Anda. Mengingat bahwa kurangnya hidrasi dapat bermanifestasi menjadi garis-garis halus juga.

Pilih bubuk kolagen yang dikemas dengan peptida kolagen terhidrolisis untuk penyerapan optimal, asam hialuronat, vitamin C dan E, biotin, dan bahan-bahan yang lebih baik untuk kulit. Cara mengonsumsinya, Anda dapat menambahkan ke dalam smoothie favorit, oatmeal pagi hari, atau resep lain. Ingin resep hemat waktu? Pilihlah oat semalaman yang dikemas dengan kolagen ini.

Siapa pun bisa mendapat manfaat dari mengonsumsi suplemen kolagen. Namun, salah satu tanda Anda harus menambahkan produk ini ke rutinitas Anda adalah garis-garis halus yang terus-menerus atau kurangnya kelembapan kulit. 

Pilihan Editor: 6 Alasan Pentingnya Suplemen Kolagen untuk Kecantikan dan Kesehatan

MIND BODY GREEN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."