6 Alasan Pentingnya Suplemen Kolagen untuk Kecantikan dan Kesehatan

Ilustrasi wanita melihat wajahya di cermin. Freepik.com/Lifeforstock

kecantikan

6 Alasan Pentingnya Suplemen Kolagen untuk Kecantikan dan Kesehatan

Rabu, 26 Oktober 2022 11:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Dipercaya secara luas sebagai "lem" tubuh, kolagen menyumbang sekitar sepertiga dari protein tubuh. Namun, saat kita memasuki usia tiga puluhan dan empat puluhan, tubuh kita mulai melambat memproduksi kolagen. Maka dari itu, butuh bantuan dari luar tubuh, seperti suplemen kolagen.

Ketika Anda memasukkan suplemen kolagen, tubuh Anda dapat mengisi kembali nutrisi yang mulai hilang seiring bertambahnya usia sekaligus menjaga kesehatan umum. Berikut enam alasan pentingnya mengonsumsi suplemen kolagen untuk merawat kecantikan dan kesehatan. 

1. Sumber Protein yang Dapat Dicerna

Suplemen kolagen terhidrolisis, yang berarti kolagen dipecah, lebih mudah diserap oleh tubuh Anda. Selain itu, suplemen tersebut sangat mudah untuk dimasukkan ke dalam air atau smoothie. Perlu diingat juga, suplemen kolagen bisa membuat asupan protein ke dalam diet Anda lebih nyaman.

2. Dapat Membantu Mengurangi Kerontokan Rambut

Ada beberapa suplemen kolagen yang tersedia untuk mendorong perkembangan rambut yang sehat. Kolagen dapat digunakan untuk mengatasi kerontokan rambut sekaligus menguatkan dan membuatnya lebih bersinar. 

3. Menjaga Kesehatan Tulang dan Sendi

Konsumsi suplemen kolagen secara teratur bermanfaat membuat fungsi sendi yang lebih halus, membuat aktivitas sehari-hari seperti berjalan, naik dan turun tangga, berdiri dari posisi duduk, membungkuk, dan menahan beban lebih mudah. Selain itu, kolagen membantu mengurangi nyeri terkait osteoartritis. Kolagen juga telah ditemukan untuk membantu pemulihan lebih cepat dari cedera olahraga. dan mengurangi kemungkinan lebih banyak patah tulang.

4. Mempercepat Perbaikan Otot

Setelah latihan yang menantang atau hari yang panjang di tempat kerja, kombinasi unik dari asam amino yang ditemukan dalam kolagen dapat membantu Anda pulih lebih cepat. Kolagen membentuk sekitar 75 persen dari tendon dan ligamen, jadi mengonsumsinya sebagai suplemen dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan atau cedera di masa depan. Peradangan yang disebabkan oleh ketegangan dari angkat berat atau olahraga berdampak tinggi juga dikurangi oleh kolagen.

5. Menyehatkan Usus

Anda mungkin harus mempertimbangkan untuk menyertakan suplemen kolagen dalam diet Anda jika Anda memiliki penyakit radang usus (IBD) atau sindrom usus bocor. Setiap sel di usus Anda didukung oleh kolagen, yang membantu mengurangi peradangan dan melindungi lapisan usus Anda.

6. Mengurangi Kerutan dan Garis-garis Halus

Suplemen kolagen berkontribusi pada kemampuan kulit untuk mempertahankan kelembapan dan mengurangi kerutan serta garis-garis halus. Dipercaya bahwa konsumsi suplemen kolagen dapat meningkatkan kapasitas alami tubuh untuk membuat kolagen, sehingga bisa meningkatkan elastisitas dan meningkatkan anti-penuaan alami.

PINK VILLA

Baca juga: Makan Permen Kolagen, Cara Anak Muda Supaya Tetap Awet Muda

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika