Manfaat Makan Kacang Almond setelah Olahraga yang Perlu Kamu Ketahui

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kacang almond. Unsplash.com/dhanya purohit

Ilustrasi kacang almond. Unsplash.com/dhanya purohit

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kacang almond diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh termasuk pemulihan usai berolahraga. Fakta tersebut diungkap dalam studi baru yang diterbitkan di Frontiers in Nutrition. Dalam penelitian melibatkan 64 orang dewasa itu ditemukan manfaat makan kacang almond setelah olahraga bisa membantu pemulihan otot hingga mengurangi nyeri serta peradangan.

Studi yang melibatkan 64 orang dewasa itu, dibagi menjadi dua kelompok, yakni grup yang makan kacang almond, kelompok satunya lagi makan batang sereal dengan kalori yang sama. Dari kedua kelompok tersebut, faktanya kelompok yang makan kacang almond menunjukkan pemulihan otot lebih baik, mengurangi kelelahan dan ketegangan pasca-latihan, serta tingkat kekuatan yang lebih tinggi. Mereka juga melaporkan merasa tidak terlalu sakit.

Namun jangan dibayangkan, mereka hanya memasukkan beberapa kacang almond ke dalam mulut mereka setelah berolahraga dan secara ajaib menyegarkan otot. Kelompok tersebut diketahui makan dua ons almond (atau sekitar 46 kacang per individu) setiap hari selama empat minggu.

Penulis utama studi tersebut yang juga profesor dan peneliti utama di Laboratorium Kinerja Manusia di Appalachian State University, David C. Nieman mengatakan jika menyantap makanan utuh secara teratur, maka akan memperoleh manfaat secara optimal termasuk efek pemulihan.

Para peneliti juga mengukur darah dan urine subjek studi untuk berbagai jenis metabolit (zat yang dihasilkan sebagai hasil kerja metabolisme kita, seperti ketika otot mengalami robekan mikro selama latihan) sebelum mereka memulai percobaan, segera setelah 90 menit latihan yang intens, sesi latihan, dan selama empat hari setelah latihan.

Adanya metabolit tertentu dapat berfungsi sebagai “biomarker” yang mengindikasikan kelelahan atau peradangan pada otot.

“Yang baik [metabolit] naik, yang buruk turun,” kata Dr. Nieman, dikutip dari Well+Good, pada 2 Februari 2023. “Itu adalah temuan yang sangat kuat yang tidak mungkin terjadi karena kebetulan. Asupan kacang almond pada dasarnya mengubah produksi mediator yang mengatur kekebalan, energi, dan peradangan.”

Untuk ukuran kekuatan dan laporan dari subjek penelitian juga lebih positif pada kelompok yang makan kacang almond.

“Ini berita bagus untuk orang yang aktif, dan menunjukkan makan makanan utuh seperti almond bermanfaat untuk pemulihan pasca latihan, dan tidak perlu bergantung pada makanan olahan pasca latihan untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk pemulihan,” kata Roxana Ehsani, ahli diet olahraga bersertifikat,.

Kandungan Kacang Almond untuk Pemulihan setelah Olahraga

Mengapa kacang memiliki efek yang kuat untuk pemulihan setelah olahraga? Kacang almond diketahui mengandung karbohidrat, protein, dan lemak, yang digambarkan Ehsani sebagai "trio nutrisi yang dibutuhkan untuk pemulihan yang optimal. Kacang almond juga memiliki fosfor, kalsium, dan magnesium yang sangat penting untuk fungsi otot secara optimal.

Sementara itu, Dr. Nieman menyebutkan kacang almond kaya vitamin E, asam amino, dan "polifenol" (molekul yang ada di kulit almond).

Baca juga: Makan Kacang Almond Bisa Meningkatkan Pemulihan Otot, Kata Penelitian

WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."