Makan Kacang Almond Bisa Meningkatkan Pemulihan Otot, Kata Penelitian

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kacang almond. Foto: Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi kacang almond. Foto: Freepik.com/Jcomp

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Makan kacang almond punya segudang manfaat untuk kesehatan tubuh termasuk pemulihan otot usai aktivitas berat. Hal itu diungkap dalam hasil penelitian baru-baru ini. Studi tersebut melibatkan orang-orang yang melakukan aktivitas berat secara fisik di akhir pekan atau paruh waktu menunjukkan bahwa makan almond setiap hari dapat membantu meningkatkan pemulihan otot mereka. Kacang almond ditemukan untuk meningkatkan tingkat lemak bermanfaat dalam darah mereka.

Uji klinis melibatkan 38 pria dan 26 wanita berusia antara 30 dan 65 tahun. Sekitar setengah dari mereka diacak ke dalam kelompok diet almond. Separuh lainnya termasuk dalam kelompok kontrol, yang, alih-alih almond, makan sereal batangan yang sesuai kalori setiap hari.

Para peneliti mengambil sampel darah dan urine sebelum dan sesudah periode empat minggu suplementasi makanan. Langkah-langkah kinerja termasuk sesi 90 menit yang terdiri dari tes anaerobik 30 detik, tes lari ulang-alik 50 meter dan lompat vertikal, bench press, dan latihan kekuatan kaki. Sampel darah dan urine juga diambil segera setelah sesi latihan 90 menit ini dan kemudian setiap hari selama empat hari sesudahnya.

Setelah setiap pengambilan darah, para peserta mengisi kuesioner “Profile of Mood States” (POMS) di mana mereka menilai rasa sakit dan kekakuan yang mereka rasakan setelah olahraga yang tidak biasa atau berat.

Seperti yang diharapkan, latihan 90 menit menyebabkan peningkatan rasa kerusakan otot dan nyeri otot yang dilaporkan sendiri oleh peserta. Skor POMS mereka yang lebih tinggi menunjukkan penurunan kekuatan dan peningkatan kelelahan, kecemasan, dan depresi.

Para peneliti menemukan bahwa peserta wanita dan pria yang makan 57 gram almond setiap hari selama satu bulan memiliki lebih banyak lemak bermanfaat 12,13-dihidroksi-9Z-octadecenoic acid (12,13-DiHOME) dalam darah mereka tepat setelah sesi olahraga intens dibandingkan dengan peserta kontrol yang makan sereal batangan yang cocok dengan kalori setiap hari.

Prof. David Nieman, direktur Appalachian State University Human Performance Laboratory di North Carolina Research Campus, Amerika serikat, mengatakan bahwa mereka yang makan kacang almond juga dilaporkan merasa lebih sedikit kelelahan dan ketegangan, kekuatan punggung kaki yang lebih baik dan penurunan kerusakan otot setelah berolahraga dibandingkan mereka yang tidak makan kacang almond.

“Kami menyimpulkan bahwa almond menyediakan campuran nutrisi dan polifenol yang unik dan kompleks yang dapat mendukung pemulihan metabolisme dari tingkat olahraga yang membuat stres," tuturnya.

"Kacang almond juga memiliki jumlah protein yang tinggi, jenis lemak sehat, vitamin E, mineral dan serat – dan kulit cokelat almond mengandung polifenol yang berakhir di usus besar dan membantu mengendalikan peradangan dan stres oksidatif, ”pungkas Nieman.

Baca juga: 4 Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan Kulit

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."