4 Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kacang almond. Unsplash.com/dhanya purohit

Ilustrasi kacang almond. Unsplash.com/dhanya purohit

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Protein punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Protein biasanya diasosiasikan dengan pembentukan otot, tetapi sebenarnya juga nutrisi utama untuk kesehatan kulit. Salah satu jenis protein nabati yang berperan menjaga kesehatan kulit adalah kacang almond. Berikut kita simak pemaparan dokter terkait manfaat kacang almond untuk kesehatan kulit.

"Kulit adalah organ kompleks yang terdiri dari berbagai struktur termasuk protein," jelas dokter kulit bersertifikat Naana Boakye. "Protein seperti elastin dan kolagen membantu struktur dan fungsi kulit."

Dikenal kaya lemak sehat, kacang almond penuh dengan protein. Faktanya, satu ons kacang almond mengandung 6 gram, atau 12 persen dari Nilai Harian protein Anda, menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat atau USDA.

Tapi, bukan hanya protein yang membuat almond berpotensi sebagai penguat kulit. "Kacang ini diperkaya dengan nutrisi yang membantu meningkatkan kesehatan kulit, termasuk vitamin E dan asam linoleat," kata Boakye.

4 Manfaat kacang almond untuk jaga kesehatan kulit.

1. Tangkal Radikal Bebas

Saat ini, Anda mungkin menyadari pentingnya antioksidan untuk kesehatan secara keseluruhan, tetapi antioksidan juga penting untuk kesehatan kulit. Antioksidan seperti vitamin E membantu menetralkan efek radikal bebas, yang menyebabkan kerusakan penyebab penyakit jika dibiarkan.

Paparan Ultraviolet (alias mendapatkan banyak sinar matahari) adalah kontributor utama pembentukan radikal bebas dalam sel kulit. Molekul yang tidak stabil ini kemudian menghasilkan peradangan dan mutasi gen yang dapat menyebabkan kanker kulit, menurut Skin Cancer Foundation.

Antioksidan membantu menstabilkan radikal bebas untuk mengurangi efek merusaknya, membuat ahli dermatologi merekomendasikan makanan kaya antioksidan sebagai tindakan pencegahan.

'"Segenggam almond menyediakan 50 persen dari nilai vitamin E harian yang Anda rekomendasikan dalam satu porsi, yang membantu melindungi kulit dan menjaga kesehatan kulit Anda,' kata Boakye.

Terlebih lagi vitamin E dapat mengurangi peradangan kulit dan mempercepat penyembuhan luka, menurut Linus Pauling Institute.

2. Bantu Perbaikan Tekstur Kulit

Hubungan potensial antara makan kacang almond dan perbaikan kerutan adalah hal yang lebih baru, tetapi ada beberapa penelitian relevan yang mendukungnya.

"Kacang almond dikaitkan dengan mengatasi kerutan dan pigmentasi wajah," kata Boakye, menunjuk ke uji klinis Maret 2021 di ‌Nutrients‌.

Peneliti membagi peserta menjadi kelompok kacang almond dan kelompok camilan bebas kacang untuk menentukan apakah mengemil kacang almond memiliki perbaikan pada kerutan wajah dan berbagai pigmentasi kulit. Peningkatan yang signifikan pada kerutan kulit terlihat pada kelompok almond, juga perbaikan pada pigmentasi kulit juga terlihat.

Manfaat kacang almond untuk atasi penuaan sangat relevan bagi orang-orang pasca-menopause. Makan almond setiap hari telah terbukti memperbaiki kerutan pada kelompok ini, menurut studi percontohan Desember 2019 di ‌Phytotherapy Research‌.

3. Membantu Melindungi Kulit dari Sinar UVB

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan kacang almond dapat memberikan perlindungan terhadap sinar UltraViolet B (UVB), penyebab utama kerusakan radikal bebas yang dapat meningkatkan risiko kanker kulit.

Mengonsumsi almond setiap hari dapat meningkatkan perlindungan dari kerusakan akibat sinar UV, menurut sebuah studi kecil pada September 2021 di ‌Journal of Cosmetic Dermatology‌.

4. Kaya Asam Lemak

Kacang almond adalah sumber asam lemak yang kaya, seperti asam linoleat. Asam linoleat telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan jantung, seperti menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan kulit.

Asam linoleat dalam almond dan minyak almond secara langsung bermanfaat bagi fungsi penghalang kulit, penanda penting kesehatan kulit, menurut National Eczema Association.

Penghalang kulit yang sehat sangat penting untuk mencegah hilangnya kelembapan dan mencegah penyusup dari luar. Menerapkan produk berbasis almond secara topikal, seperti losion dengan minyak almond, dapat membantu menjaga kelembapan dan kesehatan kulit karena sifat emolien dari asam lemak almond.

Jangan lupa, masukkan makan kacang almond dalam menu harian, ya, Sahabat Cantika. Agar bisa menikmati manfaat kacang almond untuk kesehatan kulit dan organ tubuh lainnya.

Baca juga: Rutin Minum Teh Hijau, Berikut Manfaatnya untuk Kesehatan Kulit

LIVESTRONG

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."