Hari Gizi Nasional, Tips Mengatur Pola Makan dengan Resep Sehat dan Seimbang

Buah dan sayur tak hanya kaya akan vitamin. Makanan sehat ini juga memiliki kandungan protein yang diperlukan tubuh.

kuliner

Hari Gizi Nasional, Tips Mengatur Pola Makan dengan Resep Sehat dan Seimbang

Rabu, 25 Januari 2023 18:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta -  Dalam rangka merefleksikan Hari Gizi Nasional, tahukah Anda jika 1 dari 4 anak Indonesia mengalami stunting? Data tersebut dilansir dari studi status Gizi Indonesia yang dilakukan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia pada tahun 2021. Studi tersebut juga menyebutkan kurang lebih ada lima juta anak Indonesia yang mengalami stunting.

Kementerian kesehatan Republik Indonesia mendefinisikan stunting sebagai kondisi gagal tumbuh pada balita akibat kurang gizi dalam jangka waktu lama, paparan infeksi berulang, dan kurang stimulasi.

Cookpad Indonesia mendukung upaya pemerintah untuk mengatasi masalah stunting dan obesitas di Indonesia dengan mengajak masyarakat Indonesia dengan pilih masak dalam menerapkan pola makan teratur. “Menerapkan pola makan dan hidup sehat berawal dari rumah, dengan memilih memasak kita bisa mengatur asupan makanan dan lebih higienis,” kata CEO Cookpad Indonesia Soegianto di Jakarta.

Selain resep yang mudah dan menyenangkan, Cookpad juga menawarkan inspirasi resep makanan sehat. “Cookpad juga mendorong pengguna kami untuk mempraktikkan diet seimbang setiap hari,” kata Soegianto.

Berdasarkan data dan penelusuran Cookpad, minat terhadap resep sehat semakin meningkat. Dalam tiga bulan terakhir tahun 2022, lebih dari 90 ribu pencarian terkait topik resep makanan sehat ditemukan di platform cookpad, dan lebih dari 20 Cookbook resep sehat tercipta di platform. Guna mendapatkan inspirasi resep menu berimbang pengguna dapat mengunjungi website melalui link ini https://cookpad.com/id/cari/piringku.

Menurut Spesialis Gizi Klinis Dokter Marya W Haryono kondisi stunting terkait dengan kondisi Ibu ketika persiapan kehamilan, selama kehamilan dan dilanjutkan dimasa Ibu menyusui. “Pembiasan pola makan guna memenuhi kecukupan gizi Ibu dan anak pada dua tahun kehidupan pertama perlu diperhatikan, dan hal ini perlu melibatkan peran suami, keluarga besar, dan lingkungan sekitar,” kata dolter Marya di Jakarta dalam diskusi bertajuk Lawan Stunting dan Obesitas dengan Isi Piringku! yang digelar Cookpad Indonesia melalui diskusi daring.

Lalu bagaimana dengan balita yang terdeteksi Stunting setelah dua tahun kehidupan mereka?

Marya mengatakan salah satu kuncinya berupa disiplin dalam membentuk pola makan anakdan menciptakan lingkungan yang menyenangkan bagi anak ketika makan. “Makan barengbersama keluarga dan pengalaman yang menyenangkan ketika makan membantu anak untuk mencontoh untuk tidak memilih-milih makanan,” kata dia.

Menerapkan pola makan yang sehat tidak hanya bermanfaat mencegah stunting pada anaktapi juga mencegah obesitas. “Jaga pola makan dengan tiga J yaitu Jumlah, Jenis, dan jadwalasupan makanan teratur,” kata Marya. Hal ini dapat diterapkan dengan menjaga isi piring . “½ isi piring didominasi dengan sayuran dan buah, lalu sisanya dipenuhi dengan protein dankarbohidrat,” kata dia.

Baca: Hari Gizi Nasional, Jangan Abaikan Manfaat Lemak Agar Nutrisi Terpenuhi

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika