Cerita Park So Dam Syuting Film Phantom: Saya Hampir Kehilangan Suara

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Park So Dam. Foto: Instagram/@imsodamm

Park So Dam. Foto: Instagram/@imsodamm

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menjelang pemutaran perdana film Phantom, aktris, Park So Dam bagikan pengalamannya selama syuting berperan sebagai Yuriko, sekretaris jenderal kepala urusan politik pemerintah Jepang yang ambisius, berani, dan menawan, meskipun ia orang Korea. So Dam mengaku sempat alami kecemasan karena kondisi kesehatannya yang memburuk. Kala itu, ia belum mengetahui mengidap kanker tiroid papiler, dan telah sembuh pada 2021 lalu.

“Saat syuting, saya tidak tahu tubuh saya kesakitan. Saya hanya berpikir itu kelelahan. Itu adalah pertama kalinya saya merasa takut untuk pergi ke lokasi syuting," ujar So Dam seperti dikutip dari laman Soompi, pada Selasa, 17 Januari 2023.

"Saya pikir tubuh saya mengirimi saya sinyal, tetapi saya hanya menganggapnya sebagai masalah mental. Saya merasa sangat menyesal terhadap direktur dan senior saya. Setelah syuting, saya bahkan menangis karena merasa menyesal,” lanjut perempuan 31 tahun itu.

Karena perjuangan tersebut, Park So Dam mengungkapkan bahwa dia takut menonton film yang sudah selesai diproduksi dan siap rilis itu

“Tapi sutradara mengatakan kepadaku, 'Aku bukan seseorang yang mengatakan 'OK' dengan mudah, jadi kamu bisa mempercayaiku.' menunggu hasil biopsi saya, saya melakukan rekaman suara saya untuk Phantom," jelasnya.

"Saya berada dalam kondisi yang buruk, sampai saya hampir kehilangan suara saya, jadi jika saya terlambat sedikit saja, saya hampir tidak bisa untuk melakukan rekaman,” katanya.

Kondisi Kesehatan Terbaru Park So Dam

Mengenai kesehatannya saat ini, Park So Dam mengatakan telah memulihkan kesehatannya dan bersyukur akhir-akhir ini karena dapat bertemu banyak orang dan menyapa mereka dengan suara saya sendiri.”

"Meskipun saya menjadi jauh lebih baik, kulit saya berantakan karena ketidakseimbangan hormon. Saat pergi ke pilates lima atau enam kali seminggu, saya menemukan kembali aliran tubuh saya. Sementara stamina saya belum sepenuhnya kembali seperti semula, jika saya memikirkan saat ini tahun lalu, saya hanya bisa memikirkan betapa bahagianya saya,” tukasnya.

Park So Dam juga berbicara tentang perjuangannya untuk sembuh telah mengubah sudut pandangnya. "Meskipun saya mengalami sesuatu yang tidak harus saya alami, saya berpikir, 'Kamu benar-benar kesakitan.' Masa lalu saya hanya bergerak maju untuk proyek saya, tanpa menginvestasikan waktu untuk diri saya sendiri. Saya tidak berpikir tentang bagaimana manusia Park So Dam bisa hidup sehat,” ungkapnya.

Setelah memikirkan hal ini, Park So Dam melakukan perjalanan solo selama lebih dari sebulan.

“Karena saya belum melakukan apa pun untuk diri sendiri, saya pikir saya tidak akan bisa melakukannya pada awalnya. Saya berpikir, ‘Saya benar-benar tidak tahu bagaimana melakukan apa pun selain berakting'," tuturnya.

"Saya pergi dengan pola pikir ‘Rencana adalah tidak memiliki rencana,’ tapi untungnya saya pandai mengemudi sehingga saya bisa pergi ke sana kemari. Sangat menarik bahwa orang asing mengenali saya. Saya mulai berpikir bahwa saya harus hidup lebih baik di masa depan,” ucapnya.

Selama tiga sampai empat tahun pertama setelah debutnya, Park So Dam mengungkapkan bahwa julukannya adalah “pegawai negeri” karena betapa rajinnya dia bekerja. Bahkan ketika kenalannya menyuruhnya untuk tenang, Park So Dam menjelaskan bahwa dia tidak memahami gagasan itu pada saat itu.

Karena tahun 2023 adalah tahun peringatan debutnya yang ke-10, Park So Dam mengungkapkan keinginannya untuk lebih merefleksikan dirinya sendiri. “Saya pikir saya harus bergerak maju sambil bertanya pada diri sendiri ‘Apakah kamu benar-benar baik-baik saja?’ untuk melakukan [akting] untuk waktu yang lama,” pungkasnya.

Sinopsis Film Phantom

Disutradarai oleh Lee Hae Young, film Phantom berlatar tahun 1933 selama penjajahan Jepang di Korea. Film ini mengangkat kisah intens dari berbagai tersangka yang telah dikurung di sebuah hotel terpencil sebagai mata-mata "hantu" potensial yang ditanam oleh organisasi anti-Jepang di Pemerintah Jenderal Jepang Korea. Ketika mereka mencoba untuk membuktikan diri mereka tidak bersalah dan melarikan diri, mereka menghadapi operasi tak terbendung hantu yang sebenarnya.

Sutradara Phantom, Lee Hae Young sebelumnya pernah bekerja dengan Park So Dam untuk peran utama pertamanya dalam The Silenced. Sebelum proses produksi film dimulai, sang sutradara mengajukan pertanyaan kepada So Dam.

“Sutradara Lee Hae Young bertanya kepada saya, ‘So Dam, apakah menurut Anda, Anda dapat menunjukkan ketegangan yang gila?’ dan saya menjadi sangat bersemangat. Saya membaca naskah [untuk ‘Phantom’] sambil mempertahankan kegembiraan itu,” pungkasnya.

Selain Park So Dam, film Phantom dibintangi Park Hae Soo, Sol Kyung Gu, Lee Hanee, hingga Seo Hyun Woo. Phantom bakal rilis pada Rabu, 18 Januari 2023.

Baca juga: Yang Ditakutkan Park So Dam saat Syuting Film Special Delivery

SOOMPI | ANTARA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."