5 Cara agar Bayi Tidur Nyenyak di Malam Hari

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bayi tidur. Foto: Unsplash.com/Hessam Nabavi

Ilustrasi bayi tidur. Foto: Unsplash.com/Hessam Nabavi

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tidur penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi secara keseluruhan, baik secara fisik maupun emosional. Menurut para ahli, bayi yang tidur nyenyak memiliki pertambahan berat, panjang, dan lingkar kepala yang lebih baik. Namun, sebagian besar orang tua berjuang untuk menidurkan bayi mereka di malam hari. Jika kamu salah satunya, berikut sederet cara agar bayi tidur nyenyak di malam hari.

1. Tetapkan Jadwal Tidur

Setiap orang memiliki jam internal – disebut ritme sirkadian – yang mengatur fungsi tubuh. Sesuai dengan ritme sirkadian tubuh, kita harus mengatur jadwal tidur sesuai dengan matahari terbenam dan matahari terbit.

Menurut para ahli, bayi cenderung mengembangkan ritme sirkadiannya sekitar 12 minggu. Namun, itu mungkin tidak berkembang secara alami untuk semua bayi. Maka dari itu, kita sebagai orang tua membantunya memiliki jadwal tidur. Dengan cara menidurkan bayi pada waktu yang sama setiap malam, sehingga bayi segera mengembangkan kebiasaan tidur pada waktu yang tepat.

2. Redupkan Lampu sebelum Tidur

Melatonin adalah hormon yang dibuat di otak untuk membantu mengatur siklus tidur dan bangun. Tingkat melatonin mulai meningkat setelah matahari terbenam di sore hari dan tetap tinggi sepanjang malam. Setelah matahari terbit, kadar hormon tidur turun, artinya sudah waktunya bangun.

Namun, paparan cahaya buatan seperti lampu yang berlebihan di malam hari dapat mengganggu produksi melatonin Anda. Jadi, disarankan untuk meredupkan lampu kamar bayi atau menggunakan lampu tidur sebelum tidur. Ini akan membantu memicu produksi melatonin bayi dan membantu mereka untuk bersantai.

3. Mandi Air Hangat Bisa Membantu

Setelah mandi air hangat, suhu tubuh bayi mulai mendingin yang bisa membuatnya lebih mudah tertidur. Sebelum memandikan bayi Anda, pastikan Anda berbicara dengan dokter anak Anda jika mandi spons mungkin lebih tepat. Pastikan air yang Anda gunakan tidak terlalu panas tetapi hangat.

Jika bayi Anda belum bisa duduk, topang kepala dan punggungnya dengan satu tangan, sementara Anda menggunakan waslap dan sabun bayi yang lembut untuk membersihkan tubuhnya.

4. Berikan Bayi Pijatan Lembut

Pijatan lembut menggunakan losion atau minyak ramah bayi dapat menenangkan bayi Anda dan membuatnya tidur lelap di malam hari. Kontak kulit antara orang tua dan anak juga dapat membantu Anda menjalin ikatan dan memperkuat hubungan Anda.

5. Taruh Bayi di Boks saat Bangun

Bayi biasanya terbangun sebentar setiap jam pada akhir setiap siklus tidur. Jika mereka tidak terbiasa berbaring di buaian untuk kembali tidur sendiri, Anda akan mendapati tidur mereka terganggu, belum lagi tidur Anda sendiri.

Jadi, alih-alih menyusui atau menidurkan bayi, Anda dapat menyelesaikan aktivitas ini untuk membuat bayi mengantuk dengan meletakkannya di boks bayi saat mereka siap untuk tertidur. Ini dapat membantu bayi tidur lelap kembali, jika mereka bangun di malam hari.

Baca juga: Tips Menghadapi Bayi yang Ingin Digendong Terus Alias Bau Tangan

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."