6 Tips agar Rutin Jalan Kaki, Bangun Konsistensi Bertahap dan Cari Lokasi yang Aman

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita jalan kaki. Freepik.com/Yanalya

Ilustrasi wanita jalan kaki. Freepik.com/Yanalya

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jalan kaki adalah salah satu olahraga yang mudah dilakukan. Tidak perlu biaya dan peralatan. Dari segi manfaat, salah satunya bisa membakar 150 kalori jika kamu berjalan selama satu jam. Namun, terlepas dari begitu banyak aspek kemudahan dari berjalan kaki, banyak orang tidak dapat rutin jalan kaki dalam waktu yang lama. Berkaca dari kondisi tersebut, lewat akun Instagram-nya, spesialis kebugaran wanita asal India, Gina Harney, bagikan sejumlah tips agar rutin jalan kaki bagi pemula atau yang baru mau aktif olahraga kembali.

1. Multitasking

Gina menyarankan melakukan beberapa hal atau multitasking sambil berjalan. "Terima telepon, dengarkan podcast, atau tonton acara favorit Anda saat berjalan-jalan," sarannya. Itu salah satu kiat agar rutinitas jalan kaki tidak membuat jemu. Tapi perlu diingat, jangan menyetel volume suara secara berlebihan agar kamu masih bisa mendengar kondisi sekitar.

2. Lakukan di sela-sela Pekerjaan

Dia juga merekomendasikan untuk menambahkan waktu jalan kaki singkat selama hari kerja. Agar kamu terbiasa dan semakin menikmatinya menjadi bagian dari rutinitas.

3. Bangun konsistensi secara Bertahap

Gina juga menyarankan membangun intensitas membangun secara perlahan. "Mulailah dengan 10 menit dan setelah Anda bisa melakukannya secara konsisten selama beberapa minggu, coba 15 menit dan seterusnya," imbaunya.

Gina berkata, "Tidak apa-apa untuk tidak langsung mencapai 10 ribu langkah setiap hari. Seperti yang saya katakan sebelumnya, coba tingkatkan intensitas secara perlahan. Selama Anda membangun kebiasaan berjalan, Anda kita memulai dengan awal yang baik."

Para ahli terbagi atas klaim bahwa hanya ketika Anda berjalan 10 ribu langkah per hari, tubuh mendapat manfaat. Sementara pakar kesehatan lain mengatakan dengan berjalan 5000 hingga 6000 langkah ataupun 8000 langkah sudah memberi segudang manfaat kesehatan tubuh dan mental.

4. Pusatkan pada Otot Bokong

Gina mengatakan seseorang harus menggunakan otot bokongnya saat berjalan. "Fokus menggunakan otot glute Anda, hampir seperti seluncur es. Dorong dari setiap langkah, gunakan kekuatan glute Anda," tuturnya.

"Pertimbangkan posisi panggul Anda saat berjalan. Jika panggul Anda adalah ember, Anda pasti ingin mempertahankannya ember dari menumpahkan air terus-menerus ke depan atau belakang; usahakan agar relatif stabil," tulisnya.

5. Cari Lokasi yang Aman

Gina juga menyebutkan pentingnya memilih lokasi yang aman untuk jalan kaki. Dengan kondisi yang aman sekaligus nyaman, tentunya Anda semakin betah olahraga jalan kaki di sana, bukan?

"Jika Anda tinggal di daerah yang tidak aman untuk berjalan sendirian di luar ruangan, cari tempat yang aman, seperti di gym, lingkungan teman atau jalan setapak di taman, atau treadmill," jelasnya.

"Jika Anda pergi ke lokasi baru, pastikan bahwa seseorang yang Anda kenal mengetahui di mana Anda akan berada dan tentang jam berapa Anda akan selesai. Simpan ponsel dan ID bersama Anda," imbaunya.

6. Pilih Baju Sepatu yang Nyaman

Gina juga merekomendasikan baju dan sepatu yang yang mendukung serta nyaman. Ketika Anda nyaman dengan apa yang dikenakan, maka rutinitas yang dijalani pun terasa mudah dan menyenangkan. 

Jika kamu baru mulai menjadikan jalan kaki sebagai bagian dari rutinitas olahraga, semoga beberapa tips di atas membantu, ya.

Baca juga: 6 Manfaat Jalan Kaki secara Rutin, Baik untuk Jantung, Gula Darah hingga Atasi Stres

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."