3 Kiat Meningkatkan Manfaat Jalan Kaki, Bawa Beban atau Selingi dengan Squat

Ilustrasi jalan kaki. Telegraph.co.uk

kesehatan

3 Kiat Meningkatkan Manfaat Jalan Kaki, Bawa Beban atau Selingi dengan Squat

Selasa, 30 November 2021 07:35 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Jalan kaki salah satu olahraga yang paling diminati. Selain mudah dilakukan, jalan kaki juga tak memerlukan biaya. Bagaimana dengan manfaatnya? Jalan kaki tak hanya menjaga kesehatan fisik, tetapi juga meningkatkan suasana hati atau mood.

"Jalan kaki meningkatkan daya tahan dan kekuatan otot, energi, mood serta kognisi, juga memperkuat sistem kekebalan tubuh. Saya menggunakannya sebagai bentuk ritual untuk terhubung ke tubuh, pikiran, dan jiwa saya," pelatih Onyx, Juliet Root, dikutip dari laman Well and Good, Ahad, 28 November 2021.

Mengingat semua manfaat di atas, tidak mengherankan jalan kaki adalah salah satu latihan terbaik yang dapat dilakukan untuk umur panjang. Jalan kaki juga salah satu latihan menahan beban. Meskipun bukan latihan kekuatan, berjalan membantu membangun daya tahan otot karena tubuh Anda harus menopang berat badan sendiri. Jika Anda ingin menambahkan lebih banyak manfaat dari jalan kaki, cobalah salah satu latihan yang disarankan Root.

1. Bawa beberapa beban

"Berjalan sudah melatih inti dan tubuh bagian bawah Anda, tetapi menambahkan beberapa beban dapat meningkatkan dan melatih tubuh bagian atas Anda, serta meningkatkan detak jantung Anda," kata Root.

Ada banyak pilihan, tetapi karena berjalan adalah aktivitas ketahanan otot, pilihlah beban yang ringan untuk jangka panjang, contohnya dumbel kecil atau anjing peliharaan Anda.

2. Lakukan latihan mobilitas

"Saya suka menggabungkan latihan mobilitas ke dalam rutinitas berjalan," ujar Root. "Anda dapat melakukan tendangan hamstring, peregangan quad bergantian, gerakan pinggul, dan ayunan lengan untuk mendapatkan lebih banyak fleksibilitas dan fungsi di seluruh tubuh Anda," ujarnya.

3. Tambahkan gerakan berat badan

Root juga merekomendasikan untuk menggabungkan gerakan berat badan, seperti lunge atau squat, untuk menambah intensitas jalan kaki. Berhati-hatilah saat melakukannya, pilih area yang aman dan nyaman untuk lunge atau squat guna mencegah cedera.

Baca juga: Tingkatkan Kesehatan Paru di Masa Pandemi dengan Jalan Kaki Teratur

WELL AND GOOD