Alasan Mengapa Bumil Tampil dengan Riasan saat Melahirkan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ibu hamil merias wajah sebelum melahirkan. Foto: Freepik.com/bristekjegor

Ilustrasi ibu hamil merias wajah sebelum melahirkan. Foto: Freepik.com/bristekjegor

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah kamu termasuk ibu hamil atau bumil tampil dengan riasan saat melahirkan? Jika iya, kamu tidak sendirian dengan pilihan tersebut. Seperti kita ketahui, dari unggahan media sosial, sejumlah ibu hamil termasuk para selebriti Tanah Air merias wajah terlebih dahulu sebelum melahirkan buah hati. 

Menurut Liesel Teen, perawat persalinan dan pendiri situs pendidikan kelahiran, Mommy Labor Nurse, memperkirakan bahwa sekitar 30 hingga 40 persen dari bumil yang akan melahirkan sudah merias wajah saat tiba di rumah sakit. Umumnya, kebanyakan dari mereka bersalin lewat operasi caesar atau induksi, sehingga lebih mungkin merias wajah daripada mereka yang melahirkan secara spontan.

"Ketika seseorang merencanakan operasi caesar atau induksi, mereka sering punya waktu untuk menata rambut dan merias wajah, jika mereka mau," ungkapnya seperti dikutip dari laman Allure, pada 3 Januari 2023. 

Lantas, apa alasan para ibu merias wajah untuk menyambut buah hati? Berikut tiga di antaranya.

Alasan bumil tampil dengan riasan saat melahirkan

1. Foto Kenang-kenangan

Manusia modern sepertinya tidak pernah jauh dari lensa kamera, bahkan di ruang bersalin. Lauren Demosthenes, dokter kandungan bersertifikat, ginekolog dan direktur medis senior Babyscripts, platform perawatan kesehatan virtual dengan sumber daya untuk orang tua baru, mengatakan bahwa memotret kelahiran sekarang sangat populer sehingga beberapa orang membawa fotografer profesional untuk mendokumentasikan pengalaman istimewa tersebut.

Dari sudut pandang anggota keluarga, penampilan full makeup itu juga bisa memotivasi untuk tampil spesial menyambut kehidupan berharga.

"Potret saat melahirkan adalah foto yang dilihat sisa hidup mereka," kata dr. Demosthenes. "Banyak dari mereka ingin melihat foto-foto itu dan senang dengan penampilannya."

2. Efek Media Sosial

Media sosial memiliki dampak terbesar dalam membuat riasan melahirkan menjadi tren sekali lagi.

"Dalam budaya media sosial kita, setiap momen pencapaian — bahkan momen yang seharusnya menjadi kejutan — kini telah dipersiapkan," kata Bobbi Brown, penata rias dan pendiri Jones Road Beauty.

Tampilan riasan paling sederhana saat melahirkan adalah pelembap dan lip balm agar kulit tetap nyaman.

"Foto-foto pertama saya setelah melahirkan lebih bersifat foto-jurnalistik daripada penyebaran kecantikan," katanya. Itu bukan untuk tetap tidak ada perencanaan estetika yang terlibat. Brown memilih untuk mempersiapkan acara besar dengan layanan kecantikan yang dia tahu dia tidak akan punya waktu begitu dia melahirkan. Ini termasuk mewarnai rambutnya, mani dan pedi, dan bikini wax.

3. Memberikan Kekuatan dan Kendali

Dari sisi psikologis dan emosional, riasan melahirkan bisa menjadi bentuk perawatan diri bagi sebagian orang.

Stephanie Hack, ginekolog dan dokter kandungan bersertifikat mengatakan bahwa merias wajah atau bahkan sesuatu yang sederhana seperti mandi dapat mengangkat semangat seseorang di jam-jam awal persalinan.

"Melahirkan bukanlah pengalaman yang paling mudah, jadi hal kecil yang dapat Anda lakukan untuk diri sendiri sebelum mengabdikan waktu 24 jam 7 hari untuk bayi baru Anda dapat menjadi dosis energi positif yang Anda butuhkan," kata Dr. Hack. "Riasan melahirkan membuat Anda merasa dan terlihat terbaik - atau sebaik mungkin."

Ada beberapa penelitian yang mendukung hal ini. Ketika digunakan sebagai saluran kreatif dan bentuk hubungan manusia, makeup dapat meningkatkan harga diri dan menumbuhkan lingkungan penerimaan diri, menurut beberapa penelitian.

"Mengenakan riasan adalah tindakan sederhana yang benar-benar dapat meningkatkan kekuatan mental dan kepercayaan diri [seseorang] untuk menjalani jam kerja yang berat itu," kata Teen.

Penata rias utama di Euphoria dan pendiri Half Magic Beauty, Donni Davy setuju, dan menambahkan bahwa jika riasan adalah bentuk perawatan diri.

"Apakah itu berarti mencukur kaki Anda [atau] memakai lipstik, melakukan apa pun yang membuat Anda merasa cantik sebelum melahirkan, itu adalah tindakan yang menegaskan diri," kata Davy.

Teen juga mengatakan merias wajah bisa menjadi cara menghabiskan waktu. Persalinan bisa berlangsung berjam-jam (atau bahkan berhari-hari) dan, sebelum kontraksi menjadi terlalu intens, riasan bisa menjadi pengalih perhatian yang menyenangkan.

Gaya Riasan Wajah saat Melahirkan

Gaya riasan persalinan bervariasi dari yang sederhana hingga glam. Teen mengatakan produk paling populer yang dia lihat digunakan di ruang bersalin adalah maskara dan lip gloss.

Sementara itu, dr. Hack mengatakan bahwa dia telah melihat aneka gaya riasan bumil saat melahirkan,  mulai dari full makeup hingga hanya ekstensi bulu mata. Dia juga mengatakan bahwa memakai riasan di wajah sangat aman selama dan setelah proses melahirkan.

Satu-satunya hal yang para profesional medis hindari adalah kuku palsu. Sebab dapat mengganggu peralatan rumah sakit seperti alat pemantau oksigen.

Dan bagaimana dengan pendapat para profesional kecantikan? Hughes lebih suka Anda menghindari merias wajah seperti alas bedak, bedak, dan perona pipi sebelum melahirkan. Sebab produk itu dapat menyumbat pori-pori saat berkeringat.

Untuk riasan mata, ia menganjurkan maskara tahan air (dan eyeliner, jika Anda mau). Melahirkan bukan hanya proses berkeringat, tetapi juga umumnya berlinang air mata haru.

"[Orang] harus melakukan apa yang membuat mereka merasa paling baik," tambah Teen. "Apakah itu membuat kukumu dicat merah muda, memasang wajah penuh sebelum operasi caesar yang direncanakan, atau tidak memakai riasan sama sekali - jika itu membuat mereka bahagia, aku mendukungnya," jelasnya.

Jadi, apa pun pilihan Anda ingin menjadi bumil tampil dengan riasan saat melahirkan atau wajah tanpa riasan, semuanya kembali kepad Anda. Melakukan apa yang nyaman untuk Anda lebih penting daripada berusaha menyenangkan orang lain saat Anda melahirkan.

Baca juga: Ibu Hamil dan Menyusui, Hindari Sederet Kandungan Ini dalam Produk Skincare

ALLURE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."