Ibu Hamil dan Menyusui, Hindari Sederet Kandungan Ini dalam Produk Skincare

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ibu hamil. (Unsplash/Suhyeon Choi)

Ilustrasi ibu hamil. (Unsplash/Suhyeon Choi)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada sejumlah kandungan tertentu di dalam produk perawatan kulit atau skincare yang wajib dihindari ibu hamil dan menyusui. Sebabnya bahan tersebut bisa memengaruhi tumbuh kembang bayi.

Dokter spesialis kebidanan dan kandungan dr. Boyke Dian Nugraha, SpOG, MARS mengimbau ibu hamil dan menyusui hindari produk dengan hydroquinone dan merkuri.

Selain itu, bahan-bahan aktif dalam skincare seperti retinol, BHA, hingga paraben juga tidak dianjurkan agar tidak menimbulkan risiko pada kehamilan.

“Ketika menggunakan produk-produk yang berbahaya, bahan itu akan masuk ke kulit, kemudian ke pembuluh darah dan akhirnya sampai menembus ke plasenta,” kata Boyke dalam sesi bincang-bincang di booth Venaft Beauty di Jakarta Fair Kemayoran (PRJ), JIExpo, Jakarta, Sabtu, 25 Jun 2022.

Dampak penggunaan bahan-bahan tertentu, lanjut Boyke, memang tidak langsung dapat terdeteksi melalui USG dan bukan hanya berupa gangguan fisik, namun lebih dari itu yang dikhawatirkan ialah gangguan pada perkembangan otak.

“Makanya di dalam ilmu kedokteran, seribu hari sejak pembuahan itu mesti dimonitor terus agar anak itu tidak mengalami gangguan-gangguan di masa tuanya nanti,” tuturnya.

Walau begitu, hal tersebut bukan berarti ibu hamil dan menyusui mengabaikan perawatan tubuh dan wajah. Boyke menganjurkan agar para ibu tetap merawat diri dengan menggunakan produk-produk yang aman dan berkualitas, termasuk produk berbahan dasar alami atau herbal seperti centella asiatica.

Menurut American Pregnancy Association, perubahan kulit pada ibu hamil banyak disebabkan oleh masuknya hormon. Hormon-hormon ini menyebabkan kelenjar di kulit menghasilkan lebih banyak minyak sehingga membuat wajah lebih berkilau.

Boyke membenarkan hal tersebut bahwa terjadi kenaikan hormon awet muda pada ibu hamil dan menyusui. Namun ia menyayangkan masih banyak para ibu yang tidak menyadari pentingnya untuk tetap merawat kulit tubuh dan wajah. Biasanya kelalaian itu dipicu karena rasa lelah  kandungan di perutnya yang kian hari membesar dan kerap kurang tidur karena harus terbangun untuk menyusui bayinya di malam hari.

Baca juga: Ibu Hamil dengan Kondisi Berikut Rentan Alami Stretch Mark

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."