4 Jenis Facial Ini Aman bagi Ibu Hamil

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi facial. shutterstock.com

Ilustrasi facial. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Facial aman dilakukan saat hamil menurut para ahli kecantikan. Asalkan menghindari sejumlah bahan produk kecantikan yang dilarang selama hamil seperti retinoid, hidrokuinon, dan asam glikolat. Sebab sebagian besar bahan kimia tersebut dapat menyerap ke dalam aliran darah, dan bisa berdampak pada perkembangan janin, kata Mila Davis, ahli kecantikan berlisensi di Morristown, New Jersey. 

Ibu hamil juga diimbau untuk menghindari perawatan keras seperti mikrodermabrasi dan pengelupasan kimia, karena kulit Anda menjadi lebih sensitif selama kehamilan. "Prosedur tersebut dapat menyebabkan hipersensitivitas, iritasi, kemerahan, jerawat, hiperpigmentasi, dan bahkan jaringan parut," tambahnya.

Selain membuat lebih rileks, facial juga dapat membantu Anda mengelola setiap perubahan pada kulit yang disebabkan oleh hormon kehamilan.

Fluktuasi hormon selama kehamilan biasanya akan memengaruhi berapa banyak minyak yang diproduksi pada kulit. Minyak ekstra ini dapat berarti kulit lebih terhidrasi dan bercahaya. Namun, jika Anda sudah cenderung berada di sisi yang lebih berminyak, peningkatan produksi minyak ini dapat menyebabkan eksaserbasi, gejala jerawat atau peningkatan jerawat," kata Emily Trampetti, ahli kecantikan berlisensi di Chicago.

"Peningkatan hormon juga cenderung merangsang produksi melanin kita di kulit—yang menyebabkan pigmentasi atau penggelapan pada area kulit tertentu. Ini adalah penyebab melasma atau 'masker kehamilan'."

Berikut perawatan wajah atau facial yang aman untuk ibu hamil menurut ahli kecantikan.

1. Oxygen Facial

"Facial oksigen atau oxygen facial menggunakan mesin khusus untuk memberikan oksigen bertekanan yang diresapi dengan vitamin, mineral, dan nutrisi penting langsung ke epidermis," kata Davis.

"Seperti perawatan wajah lainnya, perawatan ini mencakup pembersihan lembut dan pengelupasan kulit ringan sebelum pengiriman oksigen bertekanan tinggi ke lapisan luar kulit. Ada beberapa manfaat dari prosedur non-invasif ini termasuk meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi garis-garis halus dan kerutan, melembapkan kulit, dan warna kulit lebih merata."

2. Hydrating Facial

"Facial ini dirancang untuk menghidrasi dan memelihara kulit serta direkomendasikan untuk jenis kulit kering dan bersisik," kata Davis.

"Jangan heran jika tekstur kulit wajah Anda berubah selama kehamilan, yang akan memerlukan prosedur berbeda untuk merevitalisasi kulit Anda. Facial yang menghidrasi melibatkan pembersihan, pengelupasan ringan, dan aplikasi atau infus serum hidrasi ke dalam kulit."

Trampetti menambahkan bahwa facial ini akan menggunakan humektan dan emolien seperti asam hialuronat, ekstrak jamur, gliserin, shea butter, minyak jojoba, minyak almond, dan lidah buaya, untuk menjaga kulit tetap terhidrasi.

3. Deep Cleansing Facial

"Deep cleansing facial lebih sesuai untuk kulit yang rentan jerawat dan berminyak selama kehamilan," kata Davis.

"Pembersihan wajah yang mendalam akan mencakup pengelupasan kulit dan ekstraksi untuk membersihkan pori-pori dan penggunaan bahan pengering yang aman untuk kehamilan seperti benzoil peroksida untuk menghilangkan minyak berlebih di permukaan kulit."

Meskipun asam glikolat tidak tersedia, Anda bisa mendapatkan perawatan wajah dengan asam alfa-hidroksi (AHA) lain seperti laktat, malat, dan mandelat, bersama dengan asam salisilat beta-hidroksi (BHA), dan benzol peroksida dalam jumlah kecil.

"Ini dianggap baik untuk digunakan dalam jumlah kecil saat hamil menurut banyak profesional medis," kata Trampetti. "Jika Anda gugup, tetapi masih ingin menggunakan bahan-bahan ini, konsultasikan dengan dokter Anda. Jika tidak, saya biasanya tidak ragu-ragu ketika menyarankan klien saya untuk terus menggunakannya saat hamil mengingat pH mereka."

Dia mengatakan untuk tetap berpegang pada 10 persen atau lebih rendah untuk AHA ini dan di bawah 2 persen untuk BHA. Untuk benzoil peroksida, pastikan di bawah 5 persen.

4. Accupressure Facial

Facial akupresur atau accupressure facial melibatkan penggunaan titik akupresur untuk merangsang aliran darah ke seluruh tubuh. Pastikan untuk mendapatkan izin dokter Anda terlebih dahulu.

"Selama kehamilan, kecuali jika Anda adalah seorang spesialis dalam mengetahui persis apa yang Anda lakukan, titik akupunktur tertentu berpotensi dapat merangsang secara berlebihan atau memicu energi atau aliran darah yang tidak perlu ke tubuh yang sudah cukup terstimulasi," kata Trampetti.

"Saya selalu menyarankan untuk berbicara dengan dokter atau doula Anda sebelum memutuskan perawatan apa pun, termasuk facial, yang berkaitan dengan merangsang banyak energi dan aliran darah."

WELL AND GOOD

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."