Kaleidoskop 2022: Kiprah Perempuan Muda Berprestasi, dari Niki Zefanya hingga Maudy Ayunda

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Maudy Ayunda. Instagram

Maudy Ayunda. Instagram

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di era modern saat ini, banyak wanita luar biasa yang mandiri dan menginspirasi. Para perempuan muda berprestasi ini pun berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari penyanyi, pemain film, model, fashion designer, hingga seorang illustrator dengan segudang prestasi.

Tidak hanya dikagumi dan menginspirasi orang karena karakternya, sederet perempuan ini juga berasal dari latar belakang pendidikan yang cukup beragam.

Berikut perempuan muda berprestasi yang bersinar sepanjang tahun 2022 dan telah dihimpun dalam Kaleidoskop 2022

1. Niki Zefanya

Penyanyi, NIKI atau Niki Zefanya. Foto: Instagram NIKI

Nicole Zefanya atau lebih dikenal dengan nama panggung NIKI ini lahir di Jakarta, 24 Januari 1999, Niki mengawali kariernya dengan mengikuti ajang kompetisi Cornetto Ride To Fame. Ia berhasil mengalahkan ribuan kontestan dan tampil sebagai penyanyi pembuka konser Red Tour Taylor Swift pada 2014 lalu.

Kontrak rekaman selama setahun bersama label Sony Music Indonesia dipegangnya. Bersama label tersebut, Niki mengeluarkan single debut dengan nuansa ceria berjudul Awali Hari Dengan Cinta. 

Sayangnya, setelah single tersebut, karier Niki sedikit meredup dan tidak begitu terdengar lagi. Sampai pada 2017, di bawah label 88rising Niki mengeluarkan single bernuansa R&B berjudul See U Never pada 11 Juli 2017. Disusul dengan I Like U pada 27 September 2017 dan Chilly pada 18 Desember 2017.

Melalui label 88rising ini karier Niki mulai bangkit dan yang membanggakan dari Niki adalah Niki Zefanya mampu tampil di festival terbesar Amerika, Coachella 2022. Masyarakat Indonesia tentu sangat bangga akan hal itu. Pasalnya pelantun lagu "Lowkey" itu merupakan musisi Indonesia pertama yang berdiri di panggung Coachella.

Tak hanya itu, Niki juga menyanyikan lagu "Perfect" milik Andra and The Backbone from Indonesia pada kesempatan ini. Bahkan sebelum bernyanyi, pelantun 88Rising itu mengatakan bahwa "Sempurna" adalah lagu yang menggambarkan tentang keluarga dan negaranya, yaitu Indonesia.

2. Emanuelle Elizabeth

Emanuelle Elizabeth, ilustrator muda/Foto: Instagram: Emanuelle Elizabeth

Sosok Emanuelle Elizabeth bukan tokoh dari dunia selebriti, melainkan perempuan muda berbakat dari kalangan non selebriti yang telah meraih beberapa kesuksesan dan mampu membanggakan Indonesia.

Emanuelle Elizabeth merupakan ilustrator muda Indonesia, yang mendapatkan kepercayaan sangat besar dari Pixar bekerjasama dengan Disney. Ia dipercaya dua produser film dunia itu untuk membuat poster film Turning Red yang ditayangkan di Disney+.

Disney Pixar menunjuk Emanuelle sebagai artis poster untuk film animasi Disney Turning Red, yang tayang perdana Februari lalu. Saat membuat poster, mahasiswa angkatan 2020 ini berbicara langsung dengan Disney Pixar, sehingga proses pembuatannya menjadi lebih mudah.

3. Nafa Salvana

Nafa Salvana. Foto: Instagram Nafa Salvana.

Nafa Salvana Yasmin menjadi perhatian setelah tampil di Milan Fashion Week Februari 2022 lalu. Model asal Karawang itu melenggang di runway merek-merek ternama, seperti Diesel, Sunnei,dan Capasa Milano. 

Ada cerita menarik pada awal penawaran Nafa untuk tampil di Milan Fashion Week. Pada dasarnya Nafa mengungkapkan dirinya tidak memiliki dasar dunia modeling. Namun, pada saat ada penawaran pada 21 November 2021, dia Dia ditemukan oleh agensi model Who Knows Models di tempat makan pecel lele yang lalu menawarinya bergabung. Perempuan berusia 23 tahun itu menerima penawaran tersebut dan pada show internasional, dia bergabung dengan agensi The Claw Models dan Nevs Models.

4. Nadine Gaus

Nadine Gaus, Creative Director Wearing Klamby/Foto: Instagram/Nadine Gaus

Nadine Gaus merupakan founder sekaligus Direktur Kreatif Klamby, Nadine Gaus tampil dalam pagelaran fashion ternama di  London Fashion Week 2022 yang digelar pada September lalu menjadi catatan sejarah untuk perjalanan kariernya. Klamby menjadi satu-satunya modest fashion lokal yang memamerkan karya di perhelatan mode busana terkemuka di London.

Nadine mengungkapkan betapa dirinya bangga bisa memamerkan beberapa busananya di kancah internasional. Dia pun tak sembarangan memilih karya. Di pergelaran busana tersebut, Klamby memamerkan salah satu produk yang terbuat dari tenun Garut, dikarenakan dibandingkan batik dan tenun ikat, menurutnya tenun Garut memang belum populer. Namun, wastra yang kerap disebut tenun bulu itu memiliki keunikan tersendiri yang tak banyak orang ketahui.

5. Laura Basuki

Laura Basuki. Foto: Instagram/@laurabas

Laura Basuki sukses membintangi sejumlah film juga diiringi dengan banyaknya penghargaan yang ia kumpulkan. Di fllm sebelumnya Laura Basuki berhasil memenangkan dua penghargaan sekaligus untuk kategori pendatang baru wanita terbaik dan pendatang baru wanita terfavorit di ajang Indonesia Movie Actors Awards.

Sementara yang terbaru, lewat film Before, Now & Then (Nana) ia berhasil membawa pulang penghargaan internasional untuk kategori best supporting performance dari Berlin International Film Festival dan memenangkan penghargaan pemeran pembantu wanita terpuji film bioskop Festival Film Bandung.

Dalam film garapan sutradara Kamila Andini tersebut, Laura Basuki berperan sebagai Ino. Best Supporting Performance merupakan kategori yang baru pertama kali diadakan dalam festival bergengsi tersebut. Kabar tersebut dibagikan oleh aktris Happy Salma yang turut bermain dalam film tersebut. Laura Basuki berhasil mencetak sejarah sebagai pemenang pertama untuk kategori itu.

6. Maudy Ayunda 

Maudy Ayunda mengenakan kebaya khas Bali saat mengikuti acara Presidensi G20/Foto: Instagram/Maudy Ayunda

Maudy Ayunda merupakan aktris sekaligus penyanyi ini mempunyai segudang prestasi, diantaranya Maudy Ayunda masuk dalam Majalah Forbes Asia dan dinobatkan sebagai anak muda yang sukses di bawah usia 30 tahun. Kabar ini sempat Maudy Ayunda bagikan dalam akun sosial media Instagram pribadi milknya.

Selain itu penghargaan terbaru yang diraih oleh Maudy Ayunda adalah ditunjuk sebagai juru bicara pemerintah untuk Presidensi G20 Indonesia oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate. Sejumlah alasan Maudy Ayunda terpilih untuk mendukung penyelenggaraan komunikasi publik presidensi G20 tersebut adalah karena prestasinya.

Maudy Ayunda ditunjuk sebagai juru bicara pemerintah untuk Presidensi G20 Indonesia oleh Kementerian Komunikasi, selaku penanggung jawab bidang komunikasi dan media Presidensi G20 Indonesia. Sebagai juru bicara, ia bertugas menyampaikan informasi penting terkait forum internasional tersebut agar bisa dipahami anak muda.

Di balik kegembiraannya menjadi perwakilan anak muda untuk forum penting internasional ini, Maudy harus banyak mempelajari isu G20 yang terkesan rumit, lalu mencari formula agar apa yang dia sampaikan bisa dipahami audiens generasi milenial dan Z.

"Aku harus mempelajari lebih dalam topik, isu prioritas yang didiskusikan. Aku menerima (informasi), mempelajari kemudian menyampaikan kembali," ujar bintang film Perahu Kertas itu.

Walaupun terkesan berat, ia justru menyebut tantangan ini sebagai hal yang menarik lantaran ini sesuai dengan kesukaannya, yaitu belajar dan membaca.

7. Dita Karang

Anggota grup idol Secret Number, Dita Karang, menempati posisi 74, saat pertama kalinya masuk dalam daftar 100 Wanita Tercantik Dunia pada 2021. Penyanyi berusia 25 tahun ini tengah meniti karier dunia hiburan di Korea Selatan. Instagram/@Secretnumber.official

Nama Dita Karang mendadak mendapat atensi yang signifikan dan menjadi perbincangan para penggemar K-pop di Indonesia. Pasalnya, Dita merupakan orang asal Indonesia pertama yang memulai debutnya sebagai idola di industri hiburan Korea Selatan.

Tentunya debut Dita Karang ini dapat mengenalkan nama Indonesia dalam industri hiburan Korea Selatan. Dita memulai debutnya di Korea Selatan melalui grup K-Pop Secret Number. Ia mengaku cukup salah tingkah karena temannya mengatakan dirinya menjadi viral di negara asalnya.

8. Lyodra

Penyanyi jebolan ajang Indonesian Idol, Lyodra Ginting menempati posisi 10 besar wanita tercantik dunia 2021, tepatnya di urutan ke-8. Lembaga survei independen TC Candler kembali merilis daftar 100 perempuan yang dinilai berparas cantik menjelang akhir 2021. Instagram/@Lyodraofficial

Lyodra Ginting atau disapa Lyodra Ginting memenangkan penghargaan kategori "Asia Celebrity" dalam gelaran Asia Artis Awards (AAA) 2022 yang digelar di Nagoya, Jepang pada Selasa, 13 November 2022. 

Pelantun lagu Terlanjur Mencinta tampil anggun dan elegan dalam balutan gaun putih rancangan Julianto saat menerima penghargaam di Asia Artist Award 2022. Gaun malam warna putih yang dikenakan Lyodra membuatnya tampil semakin anggun dengan detail embroidery di bagian dada. 

Dia melalui laman Instagramnya, mengucapkan syukur pada Tuhan Yang Maha Kuasa dan terima kasih pada orang-orang yang mendukung dirinya selama ini termasuk para penulis lagu, musikus, manajemen, keluarga dan para penggemar.

"Merupakan kehormatan besar bagi saya, untuk berdiri di sini menghadiri dan juga menerima penghargaan ini. Saya sangat berterima kasih atas apresiasi yang diberikan terhadap karya saya. Pencapaian saya saat ini tidak akan mungkin terjadi tanpa bantuan orang-orang hebat dan tulus yang telah mempercayai saya sejak saya memulai karir saya," tulis dia.

Dalam gelaran AAA 2022, Lyodra berkesempatan tampil menyanyikan lagu "Sang Dewi" yang sebelumnya dipopulerkan penyanyi Titi DJ. Seperti disiarkan Koreaboo, selain Lyodra, sejumlah musisi dan artis yang juga memenangkan kategori penghargaan serupa untuk penyanyi yakni grup idola K-pop ITZY dan grup idola asal Jepang BE:FIRST. Sementara untuk aktor yakni Kim Seon-ho, Yuri, PP Krit dan Billkin Putthipong.

Prestasi Lyodra sebelumnya ialah kolaborasi dengan penyanyi dan penulis lagu asal Inggris, Calum Scott. Melalui Heaven, Calum Scott berusaha menggambarkan perasaan cinta yang dirasakan setiap orang di masa tersebut.

Heaven juga dapat menjadi cara baru untuk mengungkapkan perasaan kepada seseorang. Calum Scott dan Lyodra membawakan ulang lagu tersebut dengan sentuhan khas mereka sendiri, tanpa menghilangkan esensi dari lagu aslinya.

Baca: Kaleidoskop 2022: Tren Fashion Sepanjang Tahun 2022, dari Knitwear hingga Oversized Outfit

JENIATI ARTAULI TAMPUBOLON | SILVY RIANA PUTRI | TEMPO.CO 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."