Keindahan Alam di Film Avatar: The Way of Water Ingatkan untuk Jaga Kelestarian Laut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Cuplikan film Avatar: The Way of Water. Foto: Instagram/@disney

Cuplikan film Avatar: The Way of Water. Foto: Instagram/@disney

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Film Avatar: The Way of Water menarik banyak penonton di dunia. Tidak hanya sosok tokoh mereka yang memiliki warna kulit biru yang menjadi sorotan, namun eksotisme laut juga menjadi perbincangan yang sangat hangat setelah menonton film ini. Laut yang biru, jernih dan diisi berbagai jenis makhluk hidup sangat memanjakan mata para penonton film karya James Cameron. Film yang dirilis 14 Desember lalu itu pun dianggap pas untuk ingatkan masyarakat menjaga keindahan laut dalam kampanye “Keep Our Oceans Amazing”. 

Kampanye “Keep Our Oceans Amazing” bertujuan meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang tantangan serta isu yang mengancam kelestarian laut dan satwanya. Kampanye ini pertama kali diluncurkan secara global pada pertengahan November 2022. 

Inisiatif “Keep Our Oceans Amazing” dicanangkan untuk mendukung program pelestarian laut yang dilakukan oleh mitra lembaga konservasi nirlaba internasional The Nature Conservancy (TNC). Selain itu, kampanye ini pun bertujuan untuk melindungi 10 satwa laut dan habitatnya yang dianggap berisiko terancam punah, yang diselaraskan dengan keindahan Pandora, alam yang diciptakan dalam film Avatar: The Way of Water.

Salah satu kegiatan dari rangkaian kampanye “Keep Our Oceans Amazing” di Indonesia, adalah EduTalk yang digelar di Jakarta Aquarium & Safari (JAQS) pada 17 Desember 2022. Acara tersebut menghadirkan Coral Reef Specialist dari Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN), Rizya Ardiwijaya. ”Kelestarian ekosistem laut beserta spesies yang ada di dalamnya merupakan tanggung jawab kita bersama. Melakukan pengelolaan secara berkelanjutan adalah bentuk aksi nyata yang bisa kita lakukan,” kata Coral Reef Specialist YKAN Rizya Ardiwijaya dalam keterangan pers yang diterima Cantika pada 20 Desember 2022.

Di Indonesia, laut mempunyai arti penting, karena dua per tiga wilayah Indonesia merupakan perairan yang menopang kehidupan lebih dari 60 persen penduduk. Selain itu, perairan Indonesia dikenal memiliki keanekaragaman hayati laut tertinggi di dunia. Karena faktor  ini, Indonesia merupakan bagian penting dari inisiatif kampanye “Keep Our Oceans Amazing”, yang didukung oleh Yayasan Konservasi Alam Nusantara, sebagai mitra utama TNC di Indonesia. Apalagi, tujuh dari 10 spesies laut yang menjadi target upaya konservasi di dalam kampanye “Keep Our Oceans Amazing” dapat ditemukan di laut Indonesia.

Rangkaian kampanye “Keep Our Oceans Amazing” di Indonesia, yaitu EduTalk yang digelar di Jakarta Aquarium & Safari (JAQS) pada 17 Desember 2022/istimewa

Direktur Pengembangan dan Pemasaran YKAN Ratih Loekito mengingatkan soal pentingnya kesehatan laut bagi manusia. "Keberlanjutan kehidupan di Planet Bumi sangat bergantung pada kesehatan laut. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kelestariannya. Laut menghasilkan setengah dari udara yang kita hirup, menyediakan mata pencaharian bagi miliaran orang, dan merupakan rumah bagi aneka ragam spesies," kata Ratih.

Ratih menambahkan bahwa upaya pelestarian laut memerlukan kolaborasi semua pihak dan lewat bermacam medium, seperti kampanye “Keep Our Oceans Amazing” ini.

Film Avatar: The Way of Water bercerita tentang klan samudera dengan beragam makhluk laut, yang menginspirasi penonton untuk terhubung dengan keindahan ekosistem laut yang terhampar di berbagai belahan dunia. Film ini dilengkapi dengan deretan adegan menakjubkan yang menampilkan bioluminescence yang sangat hidup dan keindahan lanskap bawah air Pandora, yang menginspirasi kita semua untuk menilik kembali keajaiban ekosistem lautan kita. Tema ini mengingatkan kita bahwa laut meliputi 70 persen dari keseluruhan area di Planet Bumi dan merupakan rumah bagi keragaman kehidupan yang luar biasa. Ekosistem laut juga merupakan sumber makanan, penghidupan, dan memproduksi lebih dari setengah oksigen yang dihirup oleh manusia tiap harinya. Sayangnya, hanya terdapat kurang dari 8 persen dari ekosistem unik ini yang telah berhasil dilindungi.

Kampanye “Keep Our Oceans Amazing” bertujuan untuk melindungi 10 satwa laut dan habitatnya dari ancaman kepunahan. Kesepulluh satwa itu adalah paus beluga, paus biru, hiu paus, penyu sisik, manatee, pari manta, ikan kakatua, karang staghorn, singa laut, dan mangrove, sebagai spesies penting pesisir yang merupakan habitat bagi banyak spesies. Spesies-spesies laut tersebut dapat ditemukan di perairan yang tersebar di seluruh dunia. Banyak dari spesies itu memiliki kemiripan dengan makhluk dan habitat yang ditemukan di Pandora di sepanjang film Avatar: The Way of Water. Setiap spesies hewan dan tumbuhan di atas juga diklasifikasikan sebagai rentan atau terancam punah berdasarkan IUCN.

 Baca: Cerita Kate Winslet saat Mengalami Body Shaming, Rasanya Menjengkelkan

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."