Hari Perempuan Internasional, Doctors without Borders Rilis Kisah Perempuan Penyintas di Laut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Fatu, 19 tahun, berswafoto dengan anaknya yang berusia tiga dan empat tahun, Awa dan Ebrahim, di 'streamer deck'/Foto: Doc. MSF/Mahka Eslami

Fatu, 19 tahun, berswafoto dengan anaknya yang berusia tiga dan empat tahun, Awa dan Ebrahim, di 'streamer deck'/Foto: Doc. MSF/Mahka Eslami

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam rangka Hari Perempuan Internasional pada tanggal 8 Maret, Tales of Women at Sea bertujuan untuk memperkuat suara perempuan yang diselamatkan, serta berbagi cerita dari laki-laki yang selamat tentang perempuan penting dalam hidup mereka. Melalui potret dan kesaksian, para penyintas menggambarkan keadaan yang membuat mereka melintasi Mediterania tengah, rute migrasi laut paling mematikan di dunia. 

Kisah mereka disertai dengan kesaksian dari staf perempuan MSF, yang menjelaskan motivasi mereka untuk pekerjaan pencarian dan penyelamatan yang menyelamatkan jiwa, dan ikatan yang dirasakan dengan para penyintas di Geo Barents.

“Begitu saya sendirian, mereka akan memperkosa saya.” Adanya, 34 tahun, dari Kamerun.

 “Di Libya, saya tidur di bawah truk dan bus karena saya tidak punya uang.” Afia, 24 tahun, dari Ghana.

 “Saya tahu jika saya memberi tahu ibu saya bahwa saya berada di Libya, dia akan menangis setiap hari.” Ibrahim, 28 tahun, dari Nigeria.

 “Mereka mengatakan bahwa jika saya berhubungan seks dengan mereka, mereka dapat membawa saya [melintasi laut] tanpa bayaran.” Linda, 19 tahun, dari Guinea Conakry.

Pengalaman yang diceritakan oleh keempat penyintas ini sayangnya umum terjadi di antara perempuan dan pria yang diselamatkan oleh Geo Barents, kapal penyelamat Médecins Sans Frontières/Doctors without Borders (MSF) di Mediterania tengah. 

Siapa pun yang menyeberangi lautan untuk melarikan diri dari situasi berbahaya atau mencari kehidupan yang lebih baik berada dalam posisi rentan, tetapi perempuan menghadapi beban tambahan berupa diskriminasi gender dan, seringkali, kekerasan berbasis gender, di sepanjang rute mereka. Perempuan hanya mewakili sebagian kecil - sekitar lima persen - dari mereka yang melakukan perjalanan berbahaya dari Libya ke Italia.

Di kapal Geo Barents, para penyintas perempuan secara teratur mengungkapkan praktik-praktik seperti kawin paksa atau mutilasi alat kelamin (yang mempengaruhi diri mereka sendiri atau anak perempuan mereka) sebagai salah satu alasan mereka terpaksa meninggalkan rumah mereka. Wanita juga menghadapi risiko khusus selama perjalanan mereka - tim medis MSF melaporkan bahwa perempuan secara proporsional lebih mungkin mengalami luka bakar bahan bakar selama penyeberangan Mediterania, karena mereka cenderung ditempatkan di bagian tengah kapal yang dianggap paling aman. Banyak perempuan yang diselamatkan juga melaporkan mengalami berbagai bentuk kekerasan, termasuk kekerasan psikologis dan seksual serta prostitusi paksa.

Di antara para perempuan ini adalah Decrichelle, yang melarikan diri dari pernikahan paksa dengan seorang suami yang melakukan kekerasan dengan bayinya. Mereka meninggalkan negara asalnya Nigeria dan pergi melalui Niger ke Aljazair. Ketika mereka tiba di padang pasir, putri Decrichelle jatuh sakit dan dia tidak bisa berbuat apa-apa untuk mengobatinya karena dia tidak memiliki akses untuk perawatan atau obat-obatan. Gadis muda itu meninggal, dan Decrichelle harus meninggalkannya sebelum melanjutkan perjalanan ke Aljazair: "kesedihan yang luar biasa dan tak terhibur" untuknya.

Decrichelle pernah mencoba menyeberangi laut tetapi ditangkap dan dikirim ke penjara, kemudian dia dibebaskan, hanya untuk dibawa dengan taksi ke rumah bordil. Beberapa teman Kamerun membantunya melarikan diri. Selama enam bulan, dia tinggal di gedung terbengkalai di dekat laut tempat para penyelundup manusia mengumpulkan migran sebelum mengumpulkan uang untuk membayar penyeberangan lagi. 

“Saya ingin berada di tempat di mana saya bisa hidup seperti orang normal seusia saya. Saya ingin bisa tidur di malam hari,” katanya. “Saya ingin berada di sini bersama anak saya. Menyakitkan saya untuk berpikir bahwa saya aman, dan saya meninggalkannya di padang pasir.

Memiliki Ikatan Kuat dan Saling MendukungPotret Decrichelle, 32 tahun, perempuan asal Kamerun/Foto: MSF/Mahka Eslami

Di luar kesulitan yang dihadapi perempuan di jalur migrasi dan di Libya, tim MSF di kapal Geo Barents sering menyaksikan ikatan kuat yang berkembang di antara para penyintas di geladak perempuan. Para perempuan berkumpul untuk saling mendukung dengan tugas sehari-hari dan mengasuh anak.

“Saya ingin memberi tahu para perempuan lainnya: itu bukan salahmu. Mereka adalah orang yang persis sama seperti sebelumnya. Mereka bahkan lebih kuat,” kata Lucia, wakil koordinator proyek di Geo Barents, yang pernah mengalami pemerkosaan. “Saya merasa sangat haru melihat para perempuan ini, yang benar-benar lolos dari apa yang saya alami selama satu jam dalam hidup saya, dan dalam perjuangan mereka, kekuatan dan harapan mereka, [mereka tidak menghentikan] pertarungan ini,” tambahnya.

Sementara itu, ketika penyintas laki-laki ditanya tentang orang-orang yang mereka tinggalkan atau alasan perjalanan mereka, perempuan selalu disebutkan dalam cerita mereka. Ahmed, 28 tahun, lahir di Sudan dari orang tua Eritrea yang pindah ke Sudan untuk menghindari perang. Setelah menjalani seluruh hidupnya sebagai pengungsi, Ahmed tidak pernah merasa berada di Sudan. Dia ingin pergi, tetapi sebagai orang yang tidak berdokumen, tidak dapat kembali ke Eritrea karena takut akan wajib militer dan rezim diktator yang menindas, dia memutuskan untuk melakukan perjalanan ke Libya dan menyeberangi Laut Mediterania ke Eropa.

Ibu Ahmed adalah satu-satunya yang mendukungnya ketika dia memutuskan untuk pindah agama dari Kristen ke Islam, meskipun ada pelecehan dari anggota keluarganya yang lain. “[Masuk ke Islam] memengaruhi saya, memengaruhi persahabatan saya… pasti [saya menghadapi masalah karena itu]. Awalnya dari keluarga… awalnya saya sembunyi… sampai keluarga saya tahu; kemudian pelecehan dimulai. Tapi ibuku menerimaku. Dia mengatakan kepada saya, 'Apa pun yang membuat kamu nyaman, lakukanlah.'” Ahmed mengatakan ibunya adalah salah satu alasan dia bisa melakukan perjalanan dari Sudan melalui Mesir dan ke Libya. 

“Dia memiliki peran yang sangat besar dalam hidup saya. Dia terus mendukung dan memotivasi saya, mendoakan yang terbaik untuk saya. Dia adalah inspirasi saya… Saya berharap untuk bertemu dengannya lagi.”

Nejma, mediator budaya di Geo Barents, menjelaskan ikatannya dengan para penyintas seperti Decrichelle dan Ahmed: “Saya orang Afrika dan saya orang Timur Tengah. Saya seorang ibu. Saya seorang perempuan. Ada begitu banyak hal yang menghubungkan kita bersama. Mungkin juga fakta bahwa saya harus melarikan diri. Itu adalah bagian besar dari itu. Saya pikir itu membantu saya memahami di mana orang berada saat kami menemukan mereka; itu adalah pemahaman bahwa buku tidak pernah bisa mengajari saya," ucapnya melalui siaran pers Doctors without Borders, Rabu 8 Maret 2023. 

Sebagai seorang pengungsi, Nejma menceritakan apa yang membantunya untuk maju di tempat-tempat yang dia tinggalkan. “[Para penyintas perlu] menjaga kekuatan... begitu mereka turun di Eropa, ini bukanlah akhir dari perjalanan,” katanya. “Ini adalah tantangan yang berbeda: untuk tidak melepaskan siapa mereka, untuk tidak pernah melupakan siapa mereka, dari mana mereka berasal. Sangat bangga dengan asal-usul mereka. Karena kamu tidak akan tahu kemana harus pergi jika kamu tidak tahu darimana kamu berasal. Dan saya ingin saudara dan saudari saya dari Afrika dan Timur Tengah, atau di mana saja, mengingat siapa mereka. Ini akan membuatnya lebih mudah untuk bergerak maju.”

Pilihan Editor: Hari Perempuan Internasional, RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga Terus Diperjuangkan

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."