Apa itu Physical Touch? Berikut Pengertian dan Contohnya

Ilustrasi pria memeluk wanita. shutterstock.com

cinta

Apa itu Physical Touch? Berikut Pengertian dan Contohnya

Rabu, 23 November 2022 18:41 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, JakartaPhysical touch alias sentuhan fisik merupakan salah satu dari lima bahasa cinta yang ditulis oleh Gary Chapman dari bukunya yang berjudul The Five Love Languages. Orang yang memiliki bahasa cinta physical touch biasanya suka tindakan pasangan seperti memeluk, berpegangan tangan, atau mengelus rambutnya. Ingin tahu lebih dalam soal sentuhan fisik dan bahasa cinta lainnya?

Simak penjelasan apa itu physical touch berikut pengertian dan juga contohnya.

Pengertian Physical Touch

Love Language physical touch atau sentuhan fisik sering disalahartikan sebagai bahasa cinta yang selalu harus mengarah pada hubungan seksual, padahal tidak begitu lho.

Padahal physical touch in relationships atau sentuhan fisik dalam hubungan asmara artinya mereka merasa lebih terhubung dan aman dalam suatu hubungan dengan berpegangan tangan, berciuman dan berpelukan. Namun bukan yang asal hanya memegang atau memeluk sebagai sebuah formalitas, orang dengan bahasa cinta seperti itu bisa benar-benar merasakan, mana sentuhan yang memang tulus atau sekedar pura-pura demi menyenangkannya.

Cara menghadapi love language physical touch yaitu kamu harus mengikuti beberapa tahap cara seperti yang dilansir dari mindbodygreen yaitu : 

1. Beri mereka kecupan sesering mungkin.

2. Saat sedang berpelukan, gunakan kedua lengan dan seluruh tubuhmu, yang lama ya pelukannya.

3. Selalu berpegangan tangan saat bepergian.

4. Saat sedang duduk bersama, letakkan tangan kamu di tangan atau kakinya, atau letakkan lenganmu di bahunya.

5. Jika sedang melakukan percakapan serius, pegang tangannya dengan lembut sambil mendengarkan mereka berbicara.

6. Jika ingin izin pergi, jangan lupa untuk memberi kecupan dan pelukan singkat.

Ilustrasi pasangan. Foto: Unsplash.com/Joshua Chun

Contoh Physical Touch

Contoh bahasa cinta sentuhan fisik secara rinci dapat dijelaskan sebagai berikut : 

1. Kamu suka berada dalam hubungan yang sangat "intim" seperti  berpelukan, duduk di pangkuan satu sama lain, merangkul satu sama lain.

2. Kamu suka dirangkul di depan umum.

3. Gerakan fisik kecil seperti berpegangan tangan dan menyandarkan kepala di bahu satu sama lain adalah beberapa hal kecil favorit kamu. 

4. Hadiah dan kata-kata memang bagus, tetapi cara seseorang memandang dan memeluk kamu itulah yang benar-benar membuat kamu merasa dicintai.

5. Saat stres, kamu langsung merasa tenang atau rileks saat pasanganmu meletakkan tangannya untuk mengusap bahumu.

Ilustrasi pasangan. Freepik.com/Wayhomestudio

Macam-macam Love Language 

Tadi di awal sudah sedikit dijelaskan bahwa selain physical touch terdapat empat bahasa cinta lain yang perlu kamu tahu berdasarkan buku The Five Love Languages. 

Dikutip dari crated with love, berikut empat bahasa cinta selain physical touch yang siapa tahu ada yang cocok dengan kepribadianmu.

1. Word Of Affirmation 

Orang yang memiliki bahasa cinta ini biasanya akan merasa dicintai ketika mendapat kata-kata penyemangat atau pujian. Misalnya : 

“Kamu telah berusaha dengan keras hari ini, aku bangga sekali kepadamu”“Aku sangat beruntung bisa memiliki pasangan seperti dirimu”“Kamu selalu cantik saat mengenakan riasan atau tanpa riasan”

Beberapa kata dapat penyemangat atau pujian seperti itu sudah bisa membuatnya merasa sangat dicintai. Tantangan jika memiliki pasangan dengan bahasa cinta ini adalah kamu harus lebih berhati-hati dalam berucap, karena jika salah mengucapkan kata-kata sekali saja yang menyakiti hatinya maka akan langsung membuat mentalnya down.

2. Acts Of Service

Act of service artinya mereka lebih menyukai tindakan atau aksi daripada kata-kata. Bahasa cinta ini berfokus pada tindakan spesifik yang menunjukkan bahwa kamu peduli dan memahaminya. 

Seperti saat kamu membukakan pintu mobil untuknya, jika dia merasa kedinginan maka kamu langsung sigap untuk memakaikan mantel untuknya, membuatkan makanan kesukaannya dan tindakan lainnya. Intinya yang mereka butuhkan agar merasa dicintai adalah usahamu. Kamu  harus melakukan semua tindakan ini dengan jujur dan fokus memikirkan kebahagiaan utama pasanganmu agar tindakan tersebut bisa dianggap sebagai ekspresi cinta. 

3. Receiving Gifts

Bahasa cinta ini artinya mereka akan merasa dicintai jika menerima hadiah. Namun jangan salah,  arti menerima hadiah ini bukan semata-mata harus berupa hadiah yang mahal lho. 

Sesuatu yang sederhana seperti membelikan es krim kesukaannya atau membuat kerajinan tangan untuknya juga dapat memberikan dampak yang besar. Karena baginya yang terpenting dari suatu hadiah adalah makna di baliknya dan juga ketulusan. 

4. Quality Time

Dalam bahasa cinta ini pasangan akan merasa dicintai jika kamu banyak meluangkan waktu berdua untuknya. Seperti nonton film bersama, jalan-jalan ke taman berdua, atau sekedar bermalas-malasan di kasur bersamanya sudah dapat membuatnya bahagia.

Itulah rangkuman penjelasan soal physical touch beserta contoh dan bahasa cinta lainnya versi Cantika.

Baca: 5 Bahasa Cinta Versi Pria, dari Waktu Berkualitas Hingga Sentuhan Fisik

LINTANG OLIVIA | MINDBODYGREEN | CRATEDWITHLOVE