3 Alasan Pentingnya Sentuhan Fisik dalam Hubungan Asmara

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan. Foto: Unsplash.com/Joshua Chun

Ilustrasi pasangan. Foto: Unsplash.com/Joshua Chun

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sentuhan fisik atau physical touch dalam percintaan adalah salah satu sarana komunikasi yang melampaui kapasitas kata-kata. Baik itu berpegangan tangan atau ciuman lembut di kening bisa memperdalam ikatan hubungan asmara.

Dalam bukunya yang terkenal The Five Love Languages, Dr. Gary Chapman menyatakan ada lima cara manusia mengekspresikan cinta dalam hubungan asmara, yaitu kata-kata penegasan, waktu berkualitas, menerima hadiah, tindakan pelayanan, dan sentuhan fisik.

Nah, kali ini kita mengulik beberapa alasan pentingnya sentuhan fisik dalam hubungan asmara.

1. Menciptakan Perasaan Didukung dan Diperhatikan

Studi ilmiah menunjukkan bahwa ada manfaat emosional dan fisiologis yang terkait dengan sentuhan fisik dalam hubungan asmara. Saat kita mencium atau memberikan pelukan hangat dengan lembut kepada pasangan, tubuh memicu pelepasan 'oksitosin' yang mengurangi stres dengan memberikan perasaan didukung dan diperhatikan dalam suatu hubungan.

Respons fisiologis tubuh kita yang dirangsang oleh sentuhan fisik berkontribusi pada rasa sejahtera dan peningkatan suasana hati. Pasalnya, sentuhan fisik menumbuhkan rasa saling percaya antar pasangan dan memberikan efek menenangkan pikiran dengan mengaktifkan pelepasan zat kimia tertentu di otak seperti dopamin, oksitosin, dan serotonin.

2. Memperkuat Keintiman Emosional

Tindakan mendekatkan diri dengan pasangan merupakan ekspresi cinta, perhatian, dan ikatan. Keintiman fisik membantu membangun chemistry emosional yang lebih dalam di antara pasangan. Itu adalah ekspresi cinta yang nyata yang menumbuhkan rasa iman, kepercayaan, dan dukungan dalam hubungan. Ini adalah obat alami untuk kecemasan, ketakutan, dan stres.

Misalnya saja ciuman manis di kening yang mengandung kehangatan cinta bisa membuat pasangan merasa didukung di masa-masa sulit. Singkatnya, kedekatan fisik dengan pasangan Anda menunjukkan rasa berdiri di sisinya.

Entah itu ciuman lembut atau pelukan hangat, sentuhan fisik mengomunikasikan emosi yang terpendam jauh di dalam hati. Kedekatan fisik adalah sikap manis yang tidak membutuhkan kata-kata untuk mengomunikasikan cinta. Hal ini memberi ruang bagi kedua pasangan untuk menjadi rentan dalam hubungan.

3. Membangun Kepercayaan dan Kemanan dalam Hubungan Asmara

Sentuhan fisik memberikan rasa nyaman dan aman di tengah ketidakpastian atau kesusahan. Tindakan berpelukan atau berpegangan tangan mengkomunikasikan rasa aman dalam hubungan. Kekuatan sentuhan fisik adalah memupuk kepercayaan dan menyisakan sedikit ruang untuk kerentanan dalam hubungan. Ketika pasangan dekat satu sama lain, keyakinan pada cinta mereka semakin kuat.

Pilihan Editor: Apa itu Physical Touch? Berikut Pengertian dan Contohnya

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."