Alasan Nikita Willy Tak Berikan Gawai pada Anak saat Makan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Nikita Willy saat menemani putranya, Issa Xander Djokosoetono, menyantap  makanannya yang terdiri dari udang tahu oat kukus dan pumpkin puree dengan kaldu ceker ayam. Foto: Tangkap layar Youtube/Nikita Willy Official

Nikita Willy saat menemani putranya, Issa Xander Djokosoetono, menyantap makanannya yang terdiri dari udang tahu oat kukus dan pumpkin puree dengan kaldu ceker ayam. Foto: Tangkap layar Youtube/Nikita Willy Official

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Seperti kebanyakan ibu lainnya, aktris Nikita Willy kerap berkonsultasi dengan dokter anak untuk mendapatkan cara terbaik mengasuh putra tercinta, Issa Xander Djokosoetono atau akrab disapa Issa. Salah satu saran dokter anak yang diikutinya adalah membatasi paparan gawai pada anak sejak dini, terutama saat makan.

"Jadi, sebisa mungkin aku tidak memberikan gadget (gawai) apalagi saat makan. Karena pada saat makan, aku mau dia fokus dengan makanan yang ada di depannya," ujarnya seperti dikutip dari vlog yang diunggah di kanal Youtube-nya, Nikita Willy Official, pada Sabtu, 12 November 2022.

"Dan, dia benar-benar dengan kemauan sendiri untuk memasukkan makanan itu ke mulutnya. Jadi, kalau bisa zero distraction," tambah istri Indra Priawan Djokosoetono.

Lebih lanjut Nikita memaparkan pembatasan paparan gawai ini tidak hanya berlaku saat makan, tapi juga dalam keseharian. Ia mengungkapkan hal itu dilakukan untuk menstimulasi Issa mengeksplorasi hal-hal baru, tak fokus pada gawai saja. 

"Jadi, sama dokternya (dokter anak) dilarang memberikan gadget (gawai) sejak dini atau seumuran Issa sekarang. Karena kalau udah sekali ngeliat gadget, dia akan fokus ke gadget itu. Maunya nonton terus," kata perempuan 28 tahun itu.

"Pada saat anak nonton terus, dia (cenderung) malas ngapa-ngapain. Malas belajar merangkak, malas belajar mengunyah atau makan. Malas eksplor hal-hal baru yang harusnya anak seumur ini udah belajar," imbuhnya.

Meski membatasi, bukan berarti Nikita tak mengenalkan kecanggihan teknologi pada Issa yang kini berusia tujuh bulan. Nikita mengatakan adakalanya Issa menonton televisi.

"Kalau (nonton) televisi pernah, tapi bukan saat makan. Jadi, kalau misalnya kita enggak lagi ngapa-ngapain, kita lagi main di ruang keluarga. Kita pernah beberapa kali memberikan Issa untuk nonton televisi, cuma memang dia gak begitu tertarik. Cuma fokus 1-2 menit, setelah itu dia sibuk sendiri," ungkapnya.

Dalam memberikan tontonan untuk Issa, Nikita dan Indra sangat selektif agar mudah dimengerti bayi seusia Issa. "Gak memberikan dia yang musiknya terlalu heboh atau memberikan tontonan yang warnanya terlalu heboh supaya vision (penglihatan) dia tetap bagus," ujarnya.

Selain konsultasi dengan dokter anak, Nikita mengungkapkan banyak belajar soal mengasuh anak alias parenting dari buku dan workshop yang diikuti bersama sang suami.

Sebagai informasi, Nikita Willy dan Indra Priawan menikah pada 16 Oktober 2022. Menjelang satu tahun pernikahan, keduanya mengumumkan kabar bahagia tengah menanti anak pertama. Nikita melahirkan Issa secara normal pada 7 April 2022 di Los Angeles, Amerika Serikat.

Baca juga: Cara Nikita Willy dan Suami Bagi-bagi Tugas Mengurus Issa tanpa Pengasuh Anak

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."