Manfaat Konsumsi Telur Puyuh untuk Kesehatan, Bisa Menurunkan Berat Badan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi telur puyuh (pixabay.com)

Ilustrasi telur puyuh (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaTelur puyuh kerapkali dimasak untuk dijadikan lauk nasi ataupun berbagai camilan lain. Bahkan, jajanan tepi jalan juga banyak yang terbuat dari telur kecil ini. Meskipun bentuknya kecil, tetapi nutrisi yang terkandung dalam telur puyuh tidak kalah dengan telur ayam.  

Berikut ini manfaat  konsumsi telur puyuh yang perlu Anda ketahui: 

1. Kaya akan protein 

Telur puyuh mengandung berbagai asam amino esensial dengan porsi yang tepat. Protein dalam telur puyuh jika dimasak dengan benar akan mudah diserap dan digunakan oleh tubuh. Ini berfungsi untuk perbaikan sel, produksi hormon, pembentukan enzim, dan fungsi penting lainnya.  

2. Bantu tingkatkan kekebalan tubuh 

Setiap harinya tubuh akan bekerja keras untuk melawan radikal bebas yang bisa merusak sel, serta menyebabkan berbagai penyakit dan timbulkan penuaan. Telur puyuh mengandung sejumlah besar vitamin C dan vitamin A. Kedua vitamin ini dapat membantu menetralisir radikal bebas dan melindungi kesehatan. 

3. Membantu menurunkan berat badan 

Meskipun sangat rendah kalori, telur puyuh cukup mengenyangkan. Mereka mengandung lemak dan protein sehat yang membuat kenyang dan meningkatkan metabolisme, yang dapat membantu menurunkan berat badan.  Selain itu, telur puyuh juga rendah kalori, sehingga orang yang sedang menjalankan program diet tidak perlu khawatir mengonsumsinya. 

Baca: Cara Meghan Trainor Menurunkan Berat Badan 27 Kg setelah Melahirkan

4. Meningkatkan kesehatan otak 

Telur puyuh mengandung nutrisi seperti kolin, folat, dan lemak baik yang membantu meningkatkan kesehatan otak. Antioksidan dalam telur puyuh juga dapat melindungi sel otak dari kerusakan oksidatif, yang telah mengalami penurunan terkait usia dan penyakit seperti penyakit Alzheimer. Selain itu, kolin dan folat juga penting untuk perkembangan janin yang sehat. 

5. Melindungi kesehatan tulang dan otot 

Telur puyuh membantu tubuh membangun otot dan tulang yang kuat dengan kandungan kalsium, protein, kalsium, fosfor, magnesium, dan vitamin Dnya. Kandungan-kandungan tersebut, memainkan peran penting dalam sistem kesehatan muskuloskeletal tubuh. 

6. Mengurangi risiko serangan jantung 

Penelitian telah menunjukkan bahwa telur puyuh bisa membantu mengatur kolesterol darah dan tingkat tekanan darah. Sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke. Hal ini dikarenakan telur puyuh mengandung lemak tak jenuh ganda, antioksidan, dan mineral.

 7. Meningkatkan Metabolisme  

Telur puyuh mengandung vitamin B yang membantu meningkatkan metabolisme dan mendukung kesehatan tubuh. Metabolisme ini berperan untuk mengubah makanan dan minuman menjadi energi dan membangun atau memperbaiki tubuh. Telur puyuh dapat membantu mendukung proses tubuh dan fungsi organ ini.

8. Baik untuk kulit dan rambut  

Telur puyuh dapat meningkatkan kesehatan kulit dan rambut, karena kaya akan lemak baik, vitamin, mineral, dan protein. Kandungan-kandungan tersebut dapat membantu memperkuat dan memperkuat kulit dan rambut dari dalam.

BISNIS | MEDICINENET | WebMD

Baca: Kenapa Bentuk dan Ukuran Telur Burung Beda-beda? Ini Jawabannya

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."