15 Cara Balikan dengan Mantan yang Berkelas

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi pasangan. Foto: Unsplash.com/Joshua Chun

Ilustrasi pasangan. Foto: Unsplash.com/Joshua Chun

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Putus dari orang yang sangat dicintai sangatlah menyakitkan. Apalagi jika kamu terpaksa putus karena keadaan. Misalnya, putus karena menjalani hubungan jarak jauh alias LDR. Contoh lain yang bikin semakin sakit hati adalah ketika kamu harus putus karena masalah salah paham. Ingin balikan dengan mantan pacar, namun takut si dia justru malah mengabaikanmu? Tenang! 

Berikut 15 cara agar mantan mau balikan dengan cara yang berkelas seperti dilansir womenshealthmag. Selamat mencoba ya sahabat Cantika.

1. Mencoba untuk Memaafkan

Cara balikan sama mantan pacar yang harus diperhatikan pertama kali adalah mencoba untuk memaafkan semua kesalahan yang ada dalam diri. Berusaha untuk berdamai serta tidak mengungkit semua kesalahan pada masa lalu, sangat perlu dilakukan sebelum menjalin hubungan kembali. 

Sebab, jika kamu belum bisa memaafkan diri sendiri dan juga kesalahan sang mantan, maka nantinya hubungan kalian akan menghadapi pola permasalahan yang sama dan akan berakhir dengan cara yang sama pula. Jangan terlalu terburu-buru untuk mengajak mantan balikan. Beri ruang untuk diri sendiri dan juga mantan agar dapat saling menyembuhkan luka dan kembali dengan keadaan yang jauh lebih baik.

2. Mengubah Penampilan

Cara agar mantan mau balikan denganmu adalah dengan mengubah penampilan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Kamu bisa mengubah gaya rambut, memilih pakaian yang lebih kece. Kamu juga bisa mencoba rajin berolahraga agar lebih bugar, sehingga mantan pacar makin gagal move on dari kamu. Maklum, kamu yang semakin cantik pasti membuat pangling. 

3. Jadi Pribadi yang Lebih Baik

Selain penampilan luar, penampilan dalam pun perlu pula kamu ubah. Tunjukkan kalau sikap dan sifat negatif yang ada dalam diri kamu sudah berkurang saat sudah tidak bersamanya. Misalnya, dulu kamu adalah orang yang pemalas, pemarah, dan tidak produktif. Kini saatnya untuk memperbaiki sifat buruk itu agar mantan tertarik lagi.

4. Pastikan Dia Masih Single

Hal ini penting karena jangan sampai kamu mendekatinya kembali namun dia sudah memiliki pasangan baru. Bisa-bisa kamu dicap sebagai perebut pacar orang. Cara memastikannya tidak harus dengan bertanya langsung, karena bisa saja dia berbohong. Mungkin kamu bisa memastikan statusnya dari sosial media dia atau bertanya kepada teman terdekatnya. 

5. Jangan Memohon dengan Belas Kasihan

Jangan sampai kamu rela memohon kepada mantan dan terus-terusan mengajak balikan. Karena yang ada  justru dia akan semakin besar kepala. Karena walaupun di dalam hati kamu masih sangat menginginkannya, hubunganmu tidak akan lebih baik hanya karena kamu memohon belas kasihan darinya. Harus ada usaha timbal balik juga agar hubungan kamu dan si dia dapat bersatu kembali.

6. Tidak Menghubunginya Sementara Waktu

Memilih tidak menghubunginya sementara waktu merupakan tutor balikan sama mantan yang sangat ampuh untuk dilakukan. Hal ini bagus untuk memberi jeda agar saling introspeksi dan menghilangkan semua perasaan amarah. Seiring berjalannya waktu, perasaan amarah itu dapat saja berubah menjadi rasa rindu yang mendalam loh. Maka kesempatan balikan akan semakin meningkat.

7. Ajak Bertemu 

Ketika kamu sudah siap dan sudah tidak ada lagi amarah atau perasaan kesal sama mantan, ajak dia untuk bertemu duluan. Jika takut, kamu bisa menunggu waktu yang pas untuk bertemu seperti pada saat reuni sekolah atau acara pernikahan teman lama. Ketika bertemu usahakan untuk membahas masa lalu dengan kepala dingin. Temukan apa yang salah dalam hubungan yang lalu dan mulai untuk terbuka memperbaikinya hubungan itu berdua.

8. Bahas Memori Indah Bersama

Jika sudah bertemu, cara mengajak mantan balikan selanjutnya mulailah untuk membahas memori indah yang pernah ada. Misalnya dengan mengingatkan tempat kenangan, makanan kesukaan, dan juga kegiatan yang dulu sering dilakukan bersama. Otomatis mantan kamu akan kembali memutar memori indah tersebut dalam ingatannya dengan perasaan senang.

9. Tanya Kabarnya

Setelah bertemu dan membahas memori yang indah, ini saatnya untuk kamu mulai chat si mantan dan bertanya tentang kabar dan juga bertanya soal kegiatannya. Tujuannya agar akrab kembali dan mantan kamu makin susah move on. Kamu bisa mulai memberikan perhatian lebih dari sebelumnya. 

10. Kembali Berteman

Saat putus, biasanya kamu akan merasakan perasaan yang kacau dan kesal. Sebelum balikan menjadi pasangan, sebaiknya habiskan waktu bersama terlebih dahulu sebagai teman. Hal itu akan memberi kamu dan si dia kesempatan untuk menilai situasi pasca-putus dan menentukan apakah siap untuk pacaran lagi.

Baca: 5 Tips Berkencan Mantan Pacar, yang Pertama Tutup Buku Masa Lalu

11. Katakan Perasaan Sejujurnya

Tiba saatnya untuk mengatakan yang sejujurnya setelah beberapa cara di atas sudah dilakukan. Sampaikan dengan jujur bahwa kamu masih mencintainya dan tidak bisa berpaling darinya. Lalu lihat responnya, apakah mantan memberikan lampu hijau atau justru sebaliknya. Apapun respon dia, kamu harus menerima dengan lapang dada ya.

12. Berdoa

Balik lagi pada kenyataannya bahwa sekeras apapun kamu berusaha, tetap saja Tuhan yang menentukan. Berdoa dan memohon kepada Tuhan agar dia dapat kembali dalam versi yang lebih baik. Sebab, Tuhan yang mampu membolak-balikkan hati manusia. Ingat selalu bahwa jika kamu berjodoh dengan dia, maka dia tidak akan pergi ke lain hati.

     
13. Sadar Bahwa Dia Masih Orang yang Sama

Tentu saja orang dapat berubah. Tetapi biasanya mantan cenderung memiliki sifat yang sama dan tidak ada pula orang yang dapat berubah sifat dalam sekejap. Maka dari itu, jangan berpikir bahwa semuanya akan berbeda setelah tahap “mengenal lagi” selesai. 

Karena hal itu sangat umum bagi pasangan untuk kembali ke pola yang sama seperti sosok mereka sebelumnya. Jadi, kamu tidak boleh terlalu berekspektasi tinggi bahwa dia akan berubah dan tidak mengulangi kesalahan yang sama.

14. Pastikan Kembali Bersama untuk Alasan yang Tepat

Jangan sampai alasan minta balikan adalah karena takut kesepian atau berpikir takut tidak ada yang mau dekat dengan kamu selain dirinya. Cara minta balikan ke mantan yang perlu diperhatikan dengan bertanya ke diri sendiri dulu alasan apa yang membuat kamu yakin untuk balikan. 

Pastikan alasannya bukan karena ketakutan tersebut. Setelah itu, kamu juga perlu bertanya ke mantan apa alasan dia mau balikan juga, jangan sampai alasannya hanya karena kasihan kepadamu ya. 

15. Dapatkan Restu dari Orang Terdekat Terlebih Dahulu

Mungkin kamu berpikir bahwa kamu dapat dengan mudah merajut hubungan yang lalu dengan lebih baik dari sebelumnya. Apalagi kalau kamu dan dia masih saling cinta. Namun pemikiran ini berbeda dari orang terdekat seperti orang tua dan sahabat. 

Alasannya adalah, mereka pasti masih mengingat banyak hal buruk tentang mantan kamu. Hal ini bisa terjadi karena dulu kamu sering berbicara negatif tentang mantan kepada mereka. Maka, kamu perlu berusaha meyakinkan orang terdekatmu sampai mereka memberi restu kembali sebelum balikan ya.

Alasan yang paling pas untuk kamu balikan dengan mantan apa? 

Baca: Mau Balikan dengan Mantan Pacar? Pertimbangkan 2 Hal Ini

LINTANG OLIVIA 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."